• Breaking News

    Osteoporosis



    Definisi

    Osteoporosis adalah suatu kelainan/penyakit metabolik tulang yang disebabkan karena banyak faktor yang ditandai adanya penurunan massa dan mineral tulang sedemikian rupa sehingga menyebabkan kondisi tulang menjadi rapuh, keropos dan mudah patah. Penyakit osteoporosis sering disebut sebagai silent disease karena proses kepadatan tulang berkurang secara perlahan (terutama pada penderita osteoporosis senilis) dan berlangsung secara progresif selama bertahun-tahun tanpa kita sadari dan tanpa disertai adanya gejala. Gejala-gejala baru timbul pada tahap osteoporosis lanjut, seperti patah tulang, punggung yang semakin membungkuk, hilangnya tinggi badan, dan nyeri punggung.

    Penyebab

    Pola pembentukan dan absorpsi tulang akan berbeda-beda antar individu. Para ahli memperkirakan adanya beberapa faktor penting yang mempengaruhi keseimbangan tersebut yaitu faktor genetik, faktor metabolik (usia), faktor nutrisi (vitamin dan mineral), faktor hormonal, dan faktor pengaruh obat-obatan.

    Gejala

    gejala awal osteoporosis adalah sakit punggung pada bagian tulang belakang lumbar atau thorak. Banyak pasien yang tidak mengenali ini sebagai awal penyakit. Rasa sakit ditimbulkan oleh aktivitas biasa yang dulunya tidak menjadi tekanan. Pergerakan tulang belakang jadi terbatas. Pasien dapat memperhatikan kehilangan tinggi beberapa inchi atau dapat diidentifikasi selama pemeriksaan fisik tahunan. Kyphosis yang semakin memburuk atau pembungkukan tulang belakang dapat berkembang sebagai tekanan patah tulang yang semakin memburuk. Ini terjadi pada bungkuk dowager’s klasik. Tulang rusuk akhirnya ada pada puncak sambungan antara tulang kelangkang dan usus dari pinggul yang menyebabkan perut menonjol ke luar dari daerah truncal yang seharusnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo