Headlines News :
Home » » Cara Mutasi PNS Antar Provinsi

Cara Mutasi PNS Antar Provinsi

www.galihgumelar.org - Postingan ini hanya bermaksud untuk sharing & membantu apabila ada rekan-rekan yang membutuhkan informasi untuk mutasi istri/suami/saudara/keluarga, dll yang berstatus pegawai negeri. 

Berikut ini saya akan berbagi sedikit pengalaman berserta langkah-langkah yang pernah saya tempuh ketika mengurus pindah instansi dari Pemerintah Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat ke Pemerintah Kabupaten Tangerang Provinsi Banten plus info-info yang saya dapet dari beberapa situs internet yang ternyata ceritanya hampir sama dan mirip, karena memang prosedurnya tidak jauh berbeda.

Mungkin akan berbeda pada tiap instansi dan daerah, tergantung kebijakan masing-masing. Tapi setidaknya bisa diambil sedikit gambaran dari catatan berikut :



1. Syarat utama untuk mutasi,

Syarat utama & mutlak untuk dapat mutasi adalah anda seorang PNS. Jadi, seorang karyawan perusahaan swasta tidak bisa mutasi sebagai PNS. Bila tetap ingin menjadi PNS, maka ikutlah tes CPNS yang rutin diadakan setiap tahun. Dan yang bisa ikut di mutasi kebanyakan beberapa daerah harus status PNS bukan CPNS,  bahkan jika di departemen harus 5 tahun masa kerja dahulu (tidak semua departemen)



Surat yang akan kita persiapkan antara lain:

Permohonan Pindah tugas, melampirkan: FC SK CPNS,FC SK PNS, FC Karpeg (Keterangan Bila Belum Jadi), DP3 2 tahun terakhir, FC Surat keterangan aktif, Rekomendasi dari tempat yang kita tuju,FC KTP,  FC Taspen, FC Surat Perintah Tugas di dinas sebelumnya dari BKD, dan FC Surat Perintah Tugas dari Kepala Dinas saat pertama kali kita tugas di dinas sekarang,  dan FC SK suami (jika alasan pindahnya karena mengikuti suami.), Surat Permohonan Pindah Instansi di tanda tanagni kita, lalu surat pengantar dari atasan langsung kita (Kasie/Kabid/Kadis) untuk surat pengantar ini sebagian daerah tidak memerlukan kecuali telah di terima BKD tujuan, baru diminta Surat Pengantar dari Kepala Dinas (Esalon II/I)
Surat dari atasan langsung yang menyatakan tidak merasa keberatan dengan permohonan pindah kita,TT atasan langsung daftar pengantar, TT atasan langsung.



2. Alasan untuk mutasi,

Hal ini untuk mentrigger/memulai proses mutasi adalah alasan yang tepat & kuat. Ada berbagai macam alasan yang bisa digunakan untuk mutasi, diantaranya adalah ikut pasangan (suami/istri), mendekatkan diri dengan keluarga, mengembangkan karir dan alasan-alasan personal lainnya.

Dari berbagai alasan tersebut, yang paling dapat diterima adalah ikut pasangan (suami/istri) atau mendekati tempat tinggal, yang pindah tugas atau bertugas di daerah lain. Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan, akan lebih besar kemungkinannya untuk bisa mutasi, apabila pasangan kita tersebut bertugas sebagai pembela negara (TNI/POLRI). Sedangkan apabila pasangan kita sebagai PNS, tetap akan mendapatkan prioritas lebih, tapi tidak sebesar TNI/POLRI. Namun biasanya apapun alasannya asal kuat, bisa melakukan proses mutasi.

Hal diatas saya dapatkan dari berbagai sumber lainnya, namun pengalaman pribadi hal di atas tidak dipertanyakan sekali, karena jarang yang menanyakan biasanya hanya petugas yang mengurusnya saja, karena hanya ditulis di surat permohonan ditulis alasannya. Apapun alasannya sepertinya asal masuk akal sudah sangat sah.


3. Prosedur Mutasi
Apabila kita sudah mendapatkan alasan yang tepat untuk mutasi, maka kita bisa mulai untuk memasuki tahapan-tahapan proses dan prosedur untuk mutasi. Secara umum prosedur mutasi dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu:


3.1 Menentukan tempat tujuan untuk mutasi
Tahap ini merupakan tahap yang paling awal dari proses mutasi, karena kita harus memastikan tempat tujuan mutasi kita ini adalah tempat yang tepat. Pertimbangan pemilihan tujuan mutasi sebaiknya memperhatikan kemudahan akses & perkiraan kebutuhan pada instansi tujuan kita. Misalnya, anda tinggal dikota A dan memiliki background Sarjana Peternakan. Kebetulan dikota tersebut sedang digalakkan budidaya perikanan & peternakan. Nah, ada baiknya anda mencoba untuk mengajukan mutasi ke dinas peternakan/perikanan, pemerintah kota A. Tentu saja sesuai dengan prosedur yang berlaku. tetapi pengalaman saya hampir di setiap Pemerintah Daerah biasanya penempatan tugas tidak memperhatikan lagi basic/latar belakang pendidikan kecuali yang spesifik dan bersifat sangat teknis seperti tenaga kesehatan.


3.2 Mencari informasi kualifikasi seperti apa yang sedang dibutuhkan ditempat tujuan
Setelah mendapatkan tempat tujuan untuk mutasi, saatnya sekarang menganalisa bagaimana kemungkinan kita bisa diterima ditempat tujuan. Caranya bisa dengan menanyakan secara langsung ke user, atau pihak yang membutuhkan tenaga tambahan. Atau bila anda memiliki kenalan yang kebetulan berdinas diinstansi tempat tujuan Anda, maka anda bisa menanyakan apakah disana masih memerlukan tenaga tambahan, dengan kualifikasi yang kira-kira sesuai dengan anda.


3.3 Mengirimkan surat permohonan untuk mutasi
Setelah mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya dan selengkap-lengkapnya, mengenai tempat tujuan mutasi dan gambaran kebutuhan disana, kita dapat mulai untuk mengirimkan surat permohonan untuk mutasi. Surat permohonan mutasi ini ditandatangani oleh pemohon & diketahui oleh pimpinan tempat tugas kita sebelumnya (boleh juga tanpa diketahui pimpinan). surat tersebut ditujukan kepada pimpinan daerah misalnya Bupati/Walikota (untuk pemerintah Kab/Kota) atau Gubernur (untuk pemerintah provinsi), melalui BKD (Badan Kepegawaian Daerah) atau bagian kepegawaian. saran saya sebaiknya jangan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) karena biasanya akan memakan waktu yang sangat lama, (pengalaman saya mencoba mutasi ke Kota Tangerang) coba langsung ke Bagian Umum setda agar dapat langsung perintah Disposisi ke BKD . Setelah mengirimkan surat tersebut, sebaiknya kita rajin menanyakan ke BKD apakah sudah ada perkembangan/bagaimana status surat permohonan kita. Bila yang bertuntung biasanya 1 - 7 hari ada respon bila tidak bisa berbulan-bulan bahkan satu tahun lebih, hal ini bisa dijumpai di Jakarta, calon yang akan dimutasi bisa menunggu kabar 1 - 6 bulan untuk ikut tes penerimaan dan bisa 1 tahun atau lebih baru di telp bahwa lulus seleksi.


3.4 Response dari Instansi tujuan mutasi
Setelah surat permohonan kita masuk ke instansi terkait, maka seharusnya pihak BKD memproses surat kita tersebut. Biasanya prosesnya memakan waktu dari beberapa minggu sampai beberapa bulan, tergantung dari birokrasi didaerah masing-masing. Bahkan bisa hanya satu hari saja bila kita ada rekan yang membantu. Response dari instansi tujuan mutasi adalah bersedia menerima permohonan kita atau menolaknya. Bila menerima (keluar surat lolos butuh), maka kita akan diminta untuk mengurus administrasi selanjutnya, sedangkan bila permohonan kita ditolak, maka kita sebaiknya mencari instansi lain yang sekiranya mau menerima.

Dari Instansi yang baru yang saya dapatkan surat yang ditanda tangani langsung oleh Sekda instansi pemerintah yang baru. Karena ternyata perihal kebijakan kepegawaian seorang PNS daerah ada di Pimpinan Tertinggi pemerintahan.(bagi PNS Daerah).



3.5 Mengurus surat persetujuan dari instansi asal untuk melepas
Setelah menerima surat lolos butuh dari instansi tujuan, maka kita harus mengurus surat persetujuan untuk melepaskan kita dari instansi asal. Misalnya kita sebagai PNS di pemerintah kota atau kabupaten (tingkat 2), maka kita harus mendapatkan surat persetujuan dari kepala daerah (atau yang mewakilinya) baik dari tingkat 2 (kota/kabupaten) dan tingkat 1 (provinsi) daerah asal kita. surat pelepasan ini akan dikeluarkan bersama dengan surat pengantar dari BKDD tempat asal kita untuk selanjutnya di bawa ke propinsi ( apabila kita pindah dari kabupaten/kota).


3.6 Pengurusan SK mutasi dari BKN Regional dan Nota Dinas Penempatan

Misalnya sekarang ceritanya kita sudah mengantongi surat dari BKDD, yaitu :
“Surat Rekomendasi Pindah Tugas yang ditujukan kepadaYTH. Bapak Gubernur Cq. Kepala BKD Propinsi.”
Setelah itu kita akan disuruh mengurus:

Surat Keterangan dari Inspektorat Daerah atau atasan yang berwenang ( Sekdis atau Kadis)  bahwa kita tidak terkait dalam suatu kasus dan belum pernah mendapatkan sanksi hukuman disiplin sesuai dengan PP No. 30 tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin PNS

(pengalaman pribadi hal di atas tidak terlalu sulit, biasanya sementara bisa atasan di atas kita langsung)

Kalau memang kita tidak ada masalah dengan hal di atas, mengurus ini tidak lama. Tinggal datang ke kantor Badan Pengawas Daerah, masukkan data dan  keluar Oya, buat rekan-rekan yang mau menjalankan ‘trik kerusuhan’ agar bisa dipindahkan ‘karena bos tak tahan dengan ulah kita’ hati-hati saja, kalau dapat sanksi disiplin PNS, bisa-bisa nanti tersangkut di surat yang ini.

Dan biasanya kalau pimpinan diatas kita langsung yang buat, dibuatkan bareng beberapa point :
- Tidak Dalam hukuman disiplin
- Tidak Punya Hutang/Piutang (koperasi, Kasbon, Bank, dll)
-  dsb.

Tapi bagi yang punya anggunan di bank, no problem, tidak masalah hanya tinggal konfirmasi saja ke Bendahara Instansi yang baru.

Nah, dengan tetap tidak melupakan daerah yang kita tinggalkan (karena masih ada satu surat yang penting banget yang akan diselesaikan, tapi ntar dulu..) berarti segala Surat Pengantar dari tingkat Kabupaten kloplah sudah. Kita melangkah ke Propinsi. Surat-surat tadi kita antar ke BKD Propinsi bagian mutasi.
Jika surat-surat kita beres, di sini tidak akan memakan waktu lama, ya sekitar semingguanlah. Dan kita akan diberikan surat:

Perihal: Persetujuan pindah antar instansi kepada Yth. Gubernur Cq. BKDD
Selesai? Belum.

Sekarang kita akan berangkat menuju tempat pindah yang kita tuju. Sesampai di sana, berkas-berkas kita yang sudah setumpuk itu dibawa ke BKD Propinsi. Kembali ke bagian Mutasi. Di bagian ini Surat-surat kita akan diperiksa dengan seksama. Termasuk DP3 asli. Tapi tidak perlu khawatir, kelengkapan berkas jelas yang utama. Kalau beres, kita akan diberi:

Surat perihal: Usul Pindah atau penetapan pindah Kepada Yth. Kepala Kantor Regional BKN

Setelah itu , perjalanan kita berlanjut ke Badan Kepegawaian Negara, yang sudah dibagi berdasarkan wilayah (regional).
Pengalaman saya dari Kota Bekasi Ke Tangerang lewat regional III Bandung.

Berikut sedikit intipan bagaimana SK BKN :


Di sini berkas kita juga akan diperiksa dengan teliti dan data kita akan dicek ke base data BKN. Saran buat rekan-rekan PNS, jika ada pengisian-pengisian data secara berkala yang diberikan ke kita dari pihak BKD supaya jangan lalai hingga tidak mengisinya, karena ternyata hal itu sangat penting untuk memperbaharui data base kita.

Setelah selesai, berarti kita akan mendapatkan
 SK Pindah dari BKN
SK ini biasanya rangkap 5, diantaranya untuk :

  • Walikota/Bupati/Gubernur Insatansi Lama Via BKD Instansi Lama
  • Walikota/Bupati/Gubernur Insatansi Baru Via BKD Instasnsi Baru
  • Gubernur Instansi Baru Via BKD Provinsi Baru
  • Gubernur Instansi Lama Via BKD Provinsi Lama
  • 1 Untuk Arsip Kita (mohon dipegang dan dicopy, karena sangat berguna untuk kenaikan pangkat dan urusan lainnya)

Kemudian dari hal di atas BKD baru akan mengeluarkan:
“Surat Perintah Walikota/Bupati untuk penempatan di bagian Dinas apa kita akan ditempatkan.”
Dan kemudian dinas mengeluarkan
“Nota Dinas”
Untuk menindaklanjutinya penempatan selanjutnya.

Untuk bisa gajian di tempat baru ini, kita harus meminta
Surat Keterangan Penghentian Pembayaran dari Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah. Dari tempat kerja sebelumnya.

Dengan dikeluarkannya surat ini berarti rekan-rekan tak lagi menerima gaji di tempat asal, segeralah mengurus penerimaan gaji ditempat yang baru. Prosesnya biasanya beda 1 bulan gaji saja.

Oya, jangan lupa, pindah tempat kerja walaupun jauh sejauh jauhnya jangan melupakan apalagi meninggalkan kesan tidak baik di tempat kerja lama, karena dunia ini sempit…. Suatu saat mungkin kita akan kembali ke sana.

*Semua surat-surat ada tembusannya, yang harus kita sampaikan ke alamatnya masing-masing
*Urusan kepindahan ini di atur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 09 Tahun 2003 Tentang Kewenangan Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.

Beberapa catatan penting dari saya bila ingin mutasi :

  • Usahakan rekan-rekan instansi lama jangan tahu dahulu kita akan pindah.
  • Siap-siap akan sering ijin bahkan tidak masuk kerja beberapa waktu, Apalagi ketika surat sah kepindahan sudah dibuat BKD pemerintah daerah yang lama, dan menunggu penugasan BKD pemerintah yang baru.
  • Biaya proses hanya banyak di transportasi dan fotocopy saja, yang lainnya biasa saja. Tidak terlalu mahal.
  • Yang saya alami sangat mudah sekali, apalagi di instansi yang baru sudah menanti, atau sudah dibutuhkan, apalagi ada rekan yang membantu bisa 1/2 -1 hari selesai semua suratnya.
  • Mulai dari awal di tempat yang baru dengan rekan baru semua. Jadilah diri kita yang lebih baik. Semoga Selalu menjadi PNS yang Amanah. Amin.


http://www.galihgumelar.org/2012/09/cara-mutasi-pns-antar-provinsi.html
Sumber : Pengalaman dan beberapa cerita rekan dan situs lainnya.
Berdakwah Yuk Dengan Share Artikel ini :

29 komentar:

  1. Berapa lama kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk proses mutasi pns antar provinsi?

    BalasHapus
  2. wah setau aku lama tuh, bisa 7 sampai 10 bulanan, dan biayanya lumayan juga , kan taulah birokrasi kita, belum ongkos sono-soni, tapi is OK-lah, yang penting bisa pindah yah hehe.

    BalasHapus
  3. wow pindah ah..!!

    BalasHapus
  4. Bagi rekan PNS guru Bahasa Inggris yang berminat dan berkenan menggantikan posisi kami mengajar di salah satu SMA Negeri di wilayah Belitung Selatan mohon menghubungi email kami di nisfiku@hotmail.com. Terima kasih.

    BalasHapus
  5. Ternyata begitu caa proses pindah pns yah, terima kasih sharenya.

    BalasHapus
  6. sulit sekali saya mengurus pindah dari kalimantan ke jawa tengah (kota klaten atau boyolali....mohon sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting di kota Klaten atau Boyolalinya sudah menerima kita dengan adanya surat lolos butuh dari BKD atau Sekda Klaten atau Boyolali Tersebut. Jika sudah dapat selanjutnya sangat mudah.

      Hapus
    2. Blehkah saya mnta email anda? Saya ingin brtanya pengalaman anda ttg mutasi dri kalimantn

      Hapus
  7. Apakah ada biaya yg sifatnya pungli yg mgkon tidak masuk akal besaran nominalnya?

    BalasHapus
  8. Siang, bagaimana cara saya mendapatkan info instansi pemerintahan yang membutuhkan PNS yang siap dimutasi? Khususnya antar provinsi. Mohon infonya, Tq

    BalasHapus
  9. Dengar Dengar ada Info, Kalo Untuk Mutasi Guru antar Propinsi minimal 4 Tahun walaupun ALasan Ikut suami...
    bagaimana ya?? Istri sy renc mau pindah ketempat Tugas sy...tapi baru 2 Tahun??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Mutasi PNS keluar daerah itu syarat minimalnya 5 Tahun, apapun jabatannya...

      Hapus
  10. saya seorang PNS Militer dan ingin pindah ke instansi lain Pemkot atau mahkamah agung. sekarang udah jalan 3 tahun saya bekerja. bagaimana langkah awal saya lintas departemen yang berbeda ini? bagaimana kepengurusan surat formal yang harus kita buat. mohon penerangannya..

    BalasHapus
  11. Kok kayak Copas dr blog ya...... http://depokmania.wordpress.com/2010/01/21/tips-tips-untuk-mutasi-pns-antar-daerah-pengalaman-pribadi/

    BalasHapus
  12. jiah, kan disebut bawahnya dari pengalaman pribadi dan sumber lainya wkwkwkwk, yang penting infonya lumayan lah buat pengertahuan......

    BalasHapus
  13. bedo bro, bilang aja iklan link yah bro.....!!

    BalasHapus
  14. saya ingin sekali pindah dari jawa barat ke solo.....bisa ngga ya?mohon pencerahannya.....

    BalasHapus
  15. Bila kita sudah menerima surat bersedia diterima ditempat yg akan kita tuju ditandatangani kepala derah, kira-kira berapa lama waktu berlakunya surat rekomendasi daerah yg akan menerima mutasi kita tersebut mas?

    BalasHapus
  16. Knp koq sulit bgt pindah dri pemkot pangkalpinang k pemkot medan?pdhal sya sdh pnya surat rekomendasi dri pemkot medan n smua berkas2 utk pindah sdh sya lmpirkn t'msuk srt rekomendasi dr pemkot medan?skrg yg jd mslh berat dri pemkot pangkalpinang.mohon infonya donk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang yg susah itu sebenarnya daerah yg melepas, klo yg nerima sih mau mau aja terus...

      Hapus
  17. Dear Admint "
    saya sudah mendapat SURAT BUTUH LOLOS..namun dalam surat butuh lolos tersebut teradapat satu klausul yang menjadi Pertanyaan saya, dimana dalam surat tersebut di katakan begini " GAJI DAPAT DIBAYARKAN OLEH PEMDA PADA AWAL TAHUN BERIKUTNYA SETELAH SAYA TELAH BEKERJA AKTIF PADA LINGKUNGAN PEMDA YANG DI TUJU"
    -----
    yang menjadi Pertanyaan saya :
    1. apakah dalam hal ini..setelah semua urusan selesai saya TIDAK berhak langsung mengurus SKPP Gaji saya pada awal saya bekerja di tempat yang baru melihat bunyi klausul tersebut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaji biasanya pindah ke Kab/Kota baru setelah adanya surat keterangan pemutusan Gaji dari Instansi, Dinas dan Bendahara Kab/kota Lama, jika kebijakannya dibayar awal tahun, maka sampai akhir tahun gaji di ambil di rek lama, namun biasanya jika sudah ada surat keterangan pemberhentian pembayaran gaji dari bendahara/keuangan kota/kab lama dan dilaporkan ke dinas baru/kota/kab baru maka gaji kita otomatis akan pindah langsung.semoga bermanfaat.

      Hapus
  18. wah pengen'y mutasi,, sya sdh 3 thun tugas d'Kab. HSU..pengen pindah ke kab.tabalong...jarak tempt tugas dngn rumah 30 km,akses jalan mnuju skolah sngt memprihatin kan..terus suami saya seorang karyawan swasta d'perusahaan kab.tabalong...kira2 alasan yang tepat untuk mutasi apa ya pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pastinya syarat mutlak untuk bisa mutasi keluar daerah adalah kontrak kerja kita yg kita tanda tangani waktu pertama kali melengkapi berkas CPNS. klo ga salah untuk HSU 10 Tahun. jadi klo itu belum tercapai BKD Daerah ga bakalan mau proses, n baru baru ini klo ga salah saya dengar untuk HSU banyak tertahan di Pemdanya, yg saya tau aja ada 8 rekan ade saya yg tertahan di Pemda HSU, n ga bisa proses...

      Hapus
    2. Untungnya admin bisa pindah dari asal bekerja ketempat sekarang, setelah 2 tahun cpns.Mungkin setiap daerah punya kebijakan masing-masing, namun pengalaman admin 2 tahun cpns sduah bisa mengajukan pindah.

      Hapus
  19. untuk pns guru jika mau mutasi dari kalbar ke jayapura apa harus nunggu 5 tahun dulu?

    BalasHapus
  20. mau tanya admin, kalo mutasi dari jakarta ke padang, kira-kira butuh waktu yang lama kah? saya berencana mutasi anatar propinsi dan juga antar instansi, karen instansi asal saya tidak ada di daerah, dan saya masih cpns...mohon penjelasannya min

    BalasHapus
  21. Wah bermanfaat bgt nih kbetulan sy mau mutasi dr kemenkes upt. RSCM jakarta ke yogyakarta/magelang/purworejo pd tahun 2016 stelah masa kerja sy 5 tahun, bagi temen2 yang ingin mutasi ke jakarta dari tempat tujuan mutasi saya bisa menghubungi saya siapa tau bisa tukeran email: banupureno@ gmail.com

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | www.galihgumelar.com | www.galihgumelar.org
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Galih Gumelar - All Rights Reserved
Template Design by www.galihgumelar.com Published by www.galihgumelar.org