• Breaking News

    Sup Tanaman Obat, Kenapa tidak?

    Ramuan obat Cina ada berbagai macam bentuknya. Ada yang berupa teh, estrak bubuk, cairan, pil, tablet, bubur, obat gosok, atau sup. Setiap bentuk punya fungsi dan tujuan spesifiknya. Salah satu cara terbaik untuk memperkuat ketahanan tubuh adalah mengonsumsi tanaman obat yang dimasak bersama makanan.

    Menurut Dr. Rachmat, dari Klinik Shanghai, Jakarta, tanaman obat yang dicampurkan dalam masakan sangat mudah dicerna dan rasanya enak. Tanaman-tanaman obat itu sering disertakan dalam sup.
    "Memasak jamu-jamuan Cina cukup sederhana. Lycii berry misalnya, dapat dipakai untuk menggantikan kismis dalam membuat sereal panas," papar Dr. Rachmat.
    Dikatakan, makanan lain yang dibuat dengan campuran ramuan jamu khusus itu juga menjadi lebih menyehatkan. Selain ycii berry, astragalus, jujube dates, ubi jalar cina, biji teratai, atau serbuk sari lily sudah biasa digunakan dalam sup.
    Kali ini Anda dapat mencoba ramuan sup untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Bagi masyrakat Cina, sup jamu minimal terhidang di meja makan seminggu sekali. Bahkan, ada pula yang menjadikan sup sebagai pelengkap menu utama makan siang.
    Bahan tanaman obat yang dipakai dapat disesuaikan dengan musim, cuaca dan kebutuhan kesehatan anggota keluarga. Kata Dr. Rachmat, "Ke dalam ramuan sup dapat ditambahkan berbagai sisa bahan makanan. Sisa-sisa itu seperti tulang, cangkang telur ayam, atau potongan sayuran."

    Menyiapkan Sup
    Seperti persiapan memasak pada umumnya, kita dapat menyediakan kaldu sup terlebih dahulu. Menurut Lesley Tierra, L.Ac., Dip.Ac, akupunturis dan herbalis asal Amerika Serikat, amat mudah menyiapkan ramuan sup. Misalnya, masak terlebih dahulu sayuran atau cangkang telur ayam dalam sepanci air menggunakan api kecil. Ke dalam bahan rebusan tersebut bisa juga ditambahkan tulang ayamatau sapi. Selain itu, kita juga bisa menambahkan buntut sapi, tulang iganya, atau bahkan dagingnya.
    Setelah beberapa menit, tanaman obat bisa langsung dimasukkan ke dalam paci. Masak bersama-sama hingga mendidih. Campuran yang dihasilkan lalu disaring, daging atau tulangnya dapat dimasak kembali dengan tanaman obat lainnya bila diinginkan. Untuk menyedapkan rasa dan menetralkan rasa yang aneh dari tanaman obat, Anda bisa menambahkan satu atau dua sendok teh miso (pasta kacang kedelai).
    Lesley dan Dr. Rachmat sama-sama menyebutkan rersep dasar sup untuk 4 porsi adalah 3 liter air ditambah 1 cangkir beras, 1 cangkir miju-miju, atau 8 ons daging, 2 cangkir sayuran, 2 ons tanaman obat yang diperlukan, dan tambahkan 1 sendok teh cuka bila menggunakan tulang.
    Didihkan semuanya perlahan-lahan selama 3 jam. Tambahkan jamu dan masak campuran tersebut selama 30 menit lagi. Saring kaldu tersebut dan masak kembali daging dan jamu-jamuan yang bisa dimakan. Tambahkan nasi dan sayuran, lalu didihkan selama 30 sampai 45 menit.
    Jika hanya menggunakan tanaman obat, didihkan perlahan-lahan ramuan tersebut, potongan sayur atau cangkang telur (bila menggunakan cangkang telur tambahkan cuka) selama 30 menit. Saring campuran yang dihasilkan dan tambahkan bahan ramuan tanaman obat yang bisa dimakan. Didihkan selama 45 menit.
    Untuk membuat hidangan lengkap, tambahkan nasi dan sayuran dalam resep-resep sup dasar ini.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo