• Breaking News

    Gangguan Pada Mata


    Alangkah tidak nyamannya jika mata indah anda bermasalah. Jangan pernah anggap sepele gangguan mata yang Anda alami. Selain merusak penampilan, tentunya juga akan mengganggu aktivitas Anda di kantor. Bahkan ada gangguan mata yang berkaitan dengan stroke, jika Anda tidak waspada.

    Untuk itu kenali beberapa jenis gangguan mata berikut perawatannya :


    1. Kedutan

    Pelupuk mata yang berkedut tanpa bisa dikendalikan biasanya berlangsung tidak sampai satu menit. Penyebabnya tidak diketahui tapi banyak orang yang menganggap bahwa kedutan tanpa rasa sakit itu ditimbulkan oleh rasa lelah dan ketegangan saraf.

    Kedutan tidak berbahaya dan tidak membutuhkan pengobatan tapi Anda bisa melakukan perawatan sendiri untuk mengurangi kedutan tersebut dengan pijatan-pijatan lembut pada kelopak mata.

    1. Timbil / Bintit

    Berupa benjolan merah yang rasanya sakit pada pinggiran kelopak mata, yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan sebuah kantung rambut bulu mata. Timbilan biasanya penuh dengan nanah yang akan pecah dalam waktu satu minggu. Bagi infeksi yang membandel, dokter mungkin akan memberi resep krim antibiotik.

    Untuk meringankan rasa sakit dan membantu timbil lebih cepat pecah, Anda bisa melakukan perawatan dengan mengompres mata dengan air hangat bersih 4 kali sehari selama sepuluh menit. Biarkan timbil pecah sendiri lalu bilaslah mata Anda dengan bersih.

    1. Kelopak Mata Mengendur

    Pelupuk mata atas Anda bisa menjadi kendur bila otot yang bertugas menahan kelopak mata itu melemah. Biasanya di sebabkan oleh faktor usia yang menua, trauma atau gangguan saraf dan otot. Tindakan pembedahan untuk memperkuat otot penopang akan dianjurkan dokter jika kelopak mata yang mengendur sampai mengganggu pandangan.

    Hal yang harus Anda waspadai, jika kelopak mata Anda kendur secara mendadak segera periksa ke dokter. Karena bisa jadi hal ini berkaitan dengan penyakit stroke atau masalah-masalah akut lain pada sistem saraf Anda.

    1. Kelopak Mata Bengkak

    Peradangan kronis yang terjadi sepanjang pinggiran kelopak mata biasa disebut Blefaritis. Kondisi ini dapat menyertai mata kering. Pada sebagian orang kelenjar dekat bulu mata mereka menghasilkan minyak yang berlebih sehingga merangsang pertumbuhan bakteri dan menyebabkan kulit teriritasi, gatal-gatal dan merah. Sisik-sisik kecil terbentuk sepanjang pingiran kelopak mata sehingga makin meiritasi kulit Anda.

    Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres kelopak atas mata yang tertutup dengan air. Lakukan 2 – 4 kali sehari selama sepuluh menit. Kemudian basuhlah sisik-sisik itu dengan air hangat atau shampo bayi yang sudah dilarutkan. Namun jika kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi, maka dokter akan memberi resep salep atau antibiotik oral.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo