• Breaking News

    Turunkan Berat Badan

    Cara Unik Turunkan Berat Badan
    TURUN: Untuk sukses dalam program penurunan berat badan diperlukan motivasi yang kuat.

    CHICAGO-- Jika Anda kesulitan menurunkan berat badan, ada cara unik yang efektif yang dikembangkan para peneliti di Amerika Serikat yaitu dengan memberikan motivasi uang.

    Sekilas cara itu tampak sangat materialistis, namun nyatanya bisa mendorong orang untuk berusaha lebih keras dalam program penurunan berat badan.

    Para peneliti melakukan sebuah studi dengan membandingkan program penurunan berat badan dengan motivasi uang dengan program penurunan berat badan konvensional.

    Dr. Kevin Volpp dari Sekolah Kedokteran Universitas Pennsylvania melihat hal tersebut pada upaya efektif untuk menanggulangi masalah obesitas, sebuah masalah yang terus berkembang dan membahayakan kesehatan.

    Dia mengungkapkan, banyak program penurunan berat badan yang mengalami kegagalan dikarenakan masyarakat mereka mengharapkan akan diberikan sesuatu ketika usai menjalani program penurunan berat badan.

    "Kami pun diminta mengembangkan sebuah sistem insentif yang akan memberikan mereka balasan langsung," kata Volp.Volpp dan kolega dengan mempelajari dua program insentif untuk penurunan berat badan.

    Satu berdasarkan sistem lotere, yakni jika mereka mencapai target penurunan berat badan maka mereka akan memperoleh hadiah.

    Sistem lotere akan berlangsung tiap hari dan masyarakat dapat diakui sebagai pemenang jika mereka mencapai target yang telah ditentukan."Merupakan alasan yang kuat untuk kehilangan rasa malas," kata Volpp seperti yang diberitakan Reuters.

    "Ide dibuat dengan sebuah mekanisme dimana kehilangan rasa malas akan membantu peningkatan motivasi masyarakat," Katanya.

    Cara lain yang digunakan adalah sistem deposit, dimana peserta menginvestasikan sejumlah kecil uang antara 1 sen hingga 3 dollar perhari. Jika mereka gagal mencapai target penurunan berat badan maka mereka akan kehilangan uang yang telah mereka investasikan. Sedangkan bagi mereka yang berhasil mencapai target maka mereka akan memperoleh bonus.

    "Anda hanya akan menerima hadiah sampai akhir tahun jika anda berhasil mencapai target tiap bulan," Kata Volpp.

    Peneliti kemudian menentukan 57 penderita obesitas, yang terbagi atas dua grup yakni grup dengan program insentif dan program tanpa insentif. Pada program insentif dibagi lagi menjadi sistem lotere dan sistem deposit. Hasilnya diketahui, keseluruhan peserta mengalami penurunan berat badan rata-rata sekitar 16 pons atau 7.26 kg.

    Penderita obesitas yang berada pada grup insetif mengalami penurunan berta badan jauh dari grup yang tidak dibayar. Masyarakat yang berada pada grup dengan sistem lotere berhasil meraih total hadiah $378.49 dan kehilangan berat tubuh sebanyak 13 pon atau 5.9 kg. Sementara, pada grup deposit meraih hadiah $272.80 dan kehilangan 14 pon atau 6.35 kg.

    Volpp mengatakan, studi yang dilakukan sangat efektif untuk penurunan berat badan dalam jangka pendek tapi jika motivasi uang dihentrikan maka berat badan akan naik kembali.

    "Kami perlu untuk membuat lebih efektif untuk menyokong program berat badan agar lebih baik," katanya. (reuters/cr2/ri)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo