• Breaking News

    Apakah Metode Penelitian Itu ?

    galihgumelar.org    - Pembaca galihgumelar.org - Apakah Metode Penelitian itu, dari beberapa pendapat metode peneliatian ialah tata cara untuk suatu penelitian akan dilaksanakan. Metode penelitian ini sering dikaitkan dengan prosedur penelitian dan teknik penelitian. 

    Metode penelitian membahas megenai tata cara pelaksanaan penelitian, sedangkan prosedur penelitian membicarakan alat-alat yang digunakan dalam mengukur atau mengumpulkan data penelitian. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode penelitian melingkupi prosedur penelitian dan teknik penelitian.

    Menurut beberaapa pendapat, seorang peneliti sebelum melaksanakan penelitian, sebaiknya menjawab terlebih dahulu tiga buah pertanyaan, yaitu :
    1. Urutan kerja apakan yang harus dilakukan dalam melaksanakan penelitian ?
    2. Alat-alat apakah yang akan digunakan dalam mengukur atau mengumpulkan data ?
    3. Bagaimana melakukan penelitian tersebut ?

    Contoh metode penelitian :
    Apabila dalam sebuah penelitian, yang dibicarakan adalah pelaksanaan percobaan di lapangan, di mana dalam penentuan plot, pertama-tama dilakukan pembagian daerah menjadi beberapa blok, kemudian setiap blok dibagi lagi dan seterusnya, maka yang dibicarakan adalah prosedur penelitian. 

    Jika, yang dibicarakan adalah penggunaan interview atau wawancara sebagai alat pengumpulan data, maka yang dibicarakan adalah teknik penelitian. Jika yang dibicarakan adalah bagaimana penelitian dilakukan, yaitu dengan prosedur dan alat bagaimana suatu penelitian dilakukan, maka yang dibicarakan adalah metode penelitian.



    Sumber : Berbagai Sumber Online

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo