• Breaking News

    Selain Menangani Diabetes, Inilah Manfaat Daun Pepaya Jepang


    Daun Pepaya Jepang atau sebagian kalangan menyebutnya daun Chaya ini kini tersedia di tokopedia dan Bukalapak Kang Gege : https://tokopedia.link/0FMIfeGkHBb

    Daun Chaya atau Daun pepaya jepang punya berbagai manfaat kesehatan, mulai dari menangani diabetes sampai anemia. Hal ini berasal dari antioksidan dan sifat anti diabetiknya/

    Daun pepaya jepang kerap diolah menjadi hidangan masakan bahkan di kalangan sunda sering dijadikan lalaban terutama lalaban rebus atau kulub.

    Dari beberapa artikel diketehui bahwa menurut Journal of Medicinal Plants Research, tanaman yang punya nama latin Chaya ini memiliki mengandung antioksidan dan sifat antidiabetik. Nah, lewat sifat yang disebutkan barusan, bisa membantu mengelola kadar gula darah pada pengidap diabetes. 



    Berbagai Manfaat Daun Pepaya Jepang
    Bukan cuma mengelola gula darah saja, berikut manfaat daun pepaya jepang lainnya:

    1. Meningkatkan Massa Otot
    Kandungan protein dalam daun ini cukup tinggi. Setiap 100 gramnya mengandung enam gram protein. Angka tersebut bisa memenuhi 12 hingga 15 persen kebutuhan protein harian kamu. Bagi seseorang yang sedang berusaha meningkatkan massa otot, daun pepaya jepang bisa menjadi solusi menu terbaik. 

    2. Menguatkan Tulang
    Dedaunan ini juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Setiap 200 miligramnya saja bisa memenuhi hampir 20 hingga 30 persen kebutuhan kalsium harian tubuh. Bahkan, daun ini diklaim sebagai sayuran yang paling tinggi kalsiumnya ketimbang yang lain. Alhasil, tulang menjadi lebih kuat dan kamu bisa terhindar dari pengeroposan tulang alias osteoporosis. 



    3. Mencegah Anemia
    Selama ini daun bayam digadang-gadang menjadi sayuran dengan sumber zat besi terbaik. Ternyata, kandungan zat besi daun pepaya jepang lebih banyak ketimbang bayam, lho! Sebab, daun ini mengandung 100 persen zat besi, dua kali lipat lebih besar daripada bayam. Tingginya kadar zat besi bisa membantu pembentukan sel darah merah sehingga kamu terhindar dari anemia. 

    4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Daun pepaya jepang juga mengandung vitamin C yang lumayan tinggi. Jenis vitamin tersebut masuk golongan antioksidan yang membantu fungsi sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Vitamin C juga merangsang produksi sel darah putih yang berfungsi membasmi kuman atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh. 

    5. Menyehatkan Pencernaan
    Daun pepaya jepang masuk kategori sayuran tentu saja mengandung serat yang memadai. Alhasil, mengonsumsinya bisa membantu pergerakan usus sehingga mencegah terjadinya sembelit. Bukan cuma zat besinya saja, serat pada daun ini ternyata juga lebih tinggi dari bayam.

    6. Mencegah Hipertensi
    Selain menjaga daya tahan tubuh, kandungan vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam tanaman ini mampu mengelola tekanan darah. Bahkan, daun pepaya jepang kerap disebut sebagai tree spinach karena vitamin C nya yang cukup tinggi. 

    Daun Chaya atau pepaya jepang ini disarankan direbus dahulu khususnya bagi anak anak, jika untuk teh, Galih Gumelar menyarankan untuk direbuh dengan 3 gelas air per lima lembar daun, lalu airnya diminum untuk pengobatan dan manfaat lainnya.


    Di sisi lain bahwa dalam sebuah penelitian, vitamin C berperan besar dalam menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh. Akan tetapi, belum bisa dipastikan seberapa efektif vitamin C pada daun pepaya jepang. Sebab, butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat yang satu ini.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo