• Breaking News

    Padang Masyar


    Galih Gumelar - Berikut adalah sekilas mengenai padang masyar dari beberpa hadist
    Hadis mengenai Padang Mahsyar atau sering disebut juga sebagai "Makamah Agung" adalah bagian dari ajaran Islam yang menggambarkan peristiwa besar pada Hari Kiamat. Padang Mahsyar adalah tempat di mana manusia akan dipanggil untuk dihisab atas segala perbuatan mereka selama hidup di dunia.

    Berikut adalah beberapa hadis yang membicarakan tentang Padang Mahsyar:

    Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

    "Sesungguhnya manusia akan dikumpulkan di antara surga dan neraka pada hari kiamat dalam keadaan telanjang yang tidak beralas. Mereka lalu berdiri di bawah matahari yang sangat panas." (HR. Muslim)

    Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

    "Pada hari kiamat akan ada tujuh golongan yang akan diberi naungan oleh Allah pada naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya... seorang pemuda yang tumbuh dalam ketaatan kepada Allah..." (HR. Bukhari dan Muslim)

    Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

    "Sesungguhnya kalian akan dihisab, maka jika amal kalian cukup, maka puji-pujilah Allah, dan jika kurang, maka hendaklah kamu berdoa, karena amalan hamba-hamba yang kurang itu, dialas oleh doa." (HR. Ahmad)

    Dari 'Abdullah bin 'Amr radhiyallahu 'anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

    "Setiap umatku masuk surga kecuali orang yang menolak." Maka Abu Bakar radhiyallahu 'anhu bertanya, "Siapakah yang menolak, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Barangsiapa yang taat kepadaku, niscaya dia masuk surga, dan barangsiapa yang durhaka kepadaku, maka ia telah menolak (masuk surga)." (HR. Bukhari dan Muslim)

    Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

    "Sesungguhnya akan ada dari umatku yang dipanggil pada hari kiamat bersama orang-orang Yahudi, lalu ia akan dibedakan dari mereka. Maka mereka akan dipisahkan, lalu ditanyakan, 'Apa yang kamu lakukan?' Mereka menjawab, 'Kami mengikuti Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.' Kemudian ditanya lagi, 'Apakah kalian tahu apa yang Allah wahyukan kepada mereka?' Mereka menjawab, 'Tidak, kecuali apa yang kami baca dari Kitab Allah.' Lalu ditanya, 'Bagaimana kalian bersama mereka?' Mereka menjawab, 'Kami mengikuti apa yang kami temukan dalam Kitab Allah.' Maka itulah yang akan menyelamatkan mereka dan menyelamatkan pula orang-orang yang beramal sebagaimana mereka beramal." (HR. Muslim)

    Hadis-hadis di atas memberikan gambaran tentang keadaan manusia pada saat berada di Padang Mahsyar dan bagaimana mereka akan dihisab atas amal perbuatan mereka. Penting untuk diingat bahwa hadis adalah salah satu sumber utama hukum Islam, dan interpretasi dan pemahaman mereka dapat bervariasi tergantung pada ulama dan mazhab yang berbeda.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo