• Breaking News

    Hirup Udara Pagi Ampuh Melawan Kanker Paru-paru


    Malas bangun pagi? Simak dulu manfaatnya. Apalagi bagi Anda yang kena kanker paru-paru akibat asap rokok. Ini juga berlaku bagi yang tak ingin kena penyakit kanker paru-paru.

    Kanker paru-paru ini jugalah yang merenggut penyanyi legendaris Chrisye dari dunia fana. Mantan perokok aktif ini harus berjuang selama bertahun-tahun melawannya, hingga akhirnya ajal menjemputnya.

    Ahli paru RSU dr Soetomo, dr Isnu Pradjoko SpS(K) menyatakan, hampir 90 persen kanker paru-paru menyebabkan kematian. Mayoritas kanker paru-paru dikarenakan asap rokok. Namun, sesungguhnya kanker paru-parulah yang paling mudah dicegah.

    "Tren saat ini seseorang yang terkena kanker paru-paru sudah merambah usia 35-an dibanding 5 tahun yang lalu yang melanda usia 50 tahun ke atas," katanya kepada detikcom, Jumat (30/3/2007).

    Di RSU dr Soetomo, lanjut dia, dalam sebulan, pasien usia 30 tahun ke atas bisa datang sekitar 10 hingga 12 orang. Ada beberapa sebab, antara lain seseorang merokok dalam usia muda, menghisap asap rokok terlalu dalam, sehingga kadar nikotinnya lebih tinggi.

    Ia menyarankan agar rajin berolahraga makan makanan yang bergizi, terutama diimbangi dengan sayuran. "Sering-seringlah menghirup udara pagi secara dalam, dengan kondisi lingkungan sehat dan nyaman," jelasnya.

    Ada tiga macam cara yang sudah dianggap sebagai prosedur standar dalam rangka penyembuhan kanker, yakni melalui operasi, radiasi dan kemoterapi. Meski demikian, dari ketiga usaha tersebut, tidak ada satu pun yang dapat memperkuat kekebalan tubuh terhadap kanker, sehingga dapat mencegah kanker bisa kambuh kembali.

    Efek samping dari terapi radiasi, kata dr Isnu, sel-sel sehat di sekitar sel kanker akan turut menjadi hancur dan rusak. Hal ini terjadi karena energi radiasi cahaya tidak bisa difokuskan ke daerah tertentu saja, melainkan disebar ke sekeliling daerah penyakit.

    Sudah dapat pencerahan tentang manfaat udara pagi? Tentulah harus dimulai dengan bangun pagi.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo