• Breaking News

    Bearing Mobil


    GALIHGUMELAR. Org - Salah satu komponen penting mobil adalah bearing. Bearing atau laher adalah komponen sebagai bantalan untuk membantu mengurangi gesekan peralatan berputar pada poros/as. Bearing atau laher ini biasanya berbentuk bulat. Bearing di mobil dipasang pada as roda dan ditempat-tempat yang berputar lainnya. Jika mobil anda bunyi berdengung atau berdecit-decit kemungkinan adalah spare-part bearing roda sudah rusak. Pada roda depan biasanya ditandai dengan bunyi berdengung  jika mobil jalan di atas 60 km/jam. Untuk roda belakang biasanya bunyi berdecit-decit pada kecepatan rendah, pada kecepatan tinggi bunyinya semakin kencang/ramai. Segeralah ganti bearing/laher, karena jika diabaikan akan menyebabkan kerusakan komponen lainnya yang harganya jauh lebih mahal dari bearing.

    Untuk mengganti bearing atau laher, perlu diperhatikan keaslian/mutu dari bearing. Saat ini banyak beredar bearing dengan mutu yang rendah walaupun merknya sama. Bisa dipastikan bearing ini adalah imitasi/kw. Yang celaka adalah kalau toko bilang bearing ini barang asli tetapi dikasih bearing yang imitasi! Montir yang jeli biasanya sudah tahu bearing yang asli atau imitasi. Bearing imitasi menyebabkan kerusakan pada as/shaft atau rumah bearing (tromol).
    Marilah mengenal sekilas mengenai bearing/laher ini. Bearing/laher sudah dikenal manusia sejak lama sekali.  Sejarah mencatat, bangsa Mesir kuno menggunakan bantalan kayu untuk menggeser batu-batuan besar sebagai bahan untuk membuat Piramida raksasa. Bangsa Romawi juga sudah mengenal bearing pada masa  40 tahun Sebelum Masehi, dibuktikan dengan penemuan bola-bola kayu sebagai alat bantu di kapal yang ditemukan di danau Nemi, Italia. Selanjutnya perkembangan bearing semakin maju seiring dengan majunya perkembangan teknology dan metalurgi.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo