• Breaking News

    Mandi dan Napak Tilas Ke Sumur Sentul Petilasan Para Ulama Di Klebet Kemiri Kabupaten Tangerang


    Galih Gumelar - Mandi dan Napak Tilas Ke Sumur Sentul Di Kemiri Kabupaten Tangerang
    Sumur Sentul di Kampung Santri RT 02/03, Desa Klebet, kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten yang konon selalu ramai pengunjung.

    Riwayatnya Sumur ini diyakini merupakan tapak tilas para ulama Banten pada masa penjajahan kolonial.

    Sumur Sentul atau petilasan para alim ulama ini terletak di Kampung Santri, Desa Klebet, Kecamatan Kemiri, sudah sejak beberapa tahun belakangan selalu ramai di kunjungi. Diyakini sebagai tempat persembunyian para ulama dan pejuang kemerdekaan di masa penjajahan kolonial.

    Perjalanan dan Napak Tilas Galih Gumelar kali ini adalah ke Sumur Sentul yang letaknya mudah diakses motor dan mobil, bila hari biasa tidak terlalu rame, sehingga lebih leluasa dan bebas.

    Tempatnya cukup enak dan adem, cocok banget untuk yang ingin duduk santai sambil ngopi dan menikmati pemandangan sumur yang berada dibawah pohon beringin besar.

    Perjalan ke sini aman menggunakan city car, dari jalan raya kemiri tidak jauh kurang lebih 200-400 meteran, melali jalan desa dan jalan conblok.

    Mobil parkir di halaman parkir dekat warung dengan biaya mobl Rp. 10.000 rupiah, sedangkan motor bisa parkir dekat sumur.

    Pada hari biasa hanya sedikit yang berjualan, namun saat hari minggu atau malam jumat akan banyak yang berjualan.

    Menurut penuturan warga setempat konon katanya tentara Belanda melakukan pengepungan para ulama Banten hingga sampai di kampung santri dan waktu itu kampung santri masih hutan lebat. Ketika sedang beristirahat tanpa tidak disengaja menemukan mata air Sumur Sentul.

    Kemudian para ulama Syekh Khaerun, Syech Mansyur dan Syekh Barnawi menjadikan tempat dimana Sumur Sentul ditemukan dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul para ulama Banten yang berjuang melawan Belanda.

    Sejak keturunan Syekh Khaerun yaitu Abuya Uci Turtusi ( pimpinan pondok pesantren Al Istiqlaliyah Cilongok Pasar Kemis ) mendatangi tempat ini, Sumur Sentul selalu ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah.

    Dan hingga saat ini air di Sumur Sentul tidak pernah kering walau kemarau, ini menjadi keunikan tersendiri yang terjadi di Sumur Sentul.

    Warga berharap pemerintah setempat memperhatikan tempat ini sebagai peninggalan bersejarah dan ditata menjadi lebik baik agar bisa menjadi tempat wisata sejarah dan religi kemudian bisa mendorong perekonomian setempat

    Lokasi Sumur Sentul : https://maps.app.goo.gl/JYqurvgccxccEeKR9

    Keberadaan Sumur Sentul yang terletak di Desa kemiri Kp. Santri, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang Jadi Magnet daya tarik di bulan puasa kali ini.
    Keberadaan Sumur Sentul ini memang dari dulu sudah dianggap keramat oleh masyarakat sekitar

    Mereka menganggap Sumur Sentul keramat, lantaran sumur tersebut tidak pernah kering, walaupun di musim kemarau juga airnya sangat jernih dan adem.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo