• Breaking News

    Apa Theroid?

    Thyroid itu adalah sebuah kelenjar yang letaknya ada di sekitar leher. Fungsinya utk menghasilkan hormon yg secara umum berperan dlm proses metabolisme di tubuh kita.

    Kelainan atau penyakit di kelenjar thyroid ini sendiri, umumnya bisa hyperthyroid atau hypothyroid.

    Kalo hyperthyroid itu adalah fungsi hormon thyroid yg berlebih. Karena hormon thyroid itu fungsinya utk metabolisme, jadninya kalo fungsinya berlebih ya metabolismenya berlebih, akibatnya
    1. berat badan menurun (karena metabolisme itu kan pake karbohidrat, protein atau lemak. Jadi kalo berlebih ya kandungan karbohidrat, protein dan lemak dlm tubuh menurun, jadi berat badan turun)
    2. mudah berkeringat dan tidak tahan panas (karena metabolisme kan menghasilkan panas)
    3. Tangan gemetar/tremor (gua agak lupa mekanismenya. kalo ga salah sih metabolisme yg meningkat juga meningkatkan fungsi kerja dari organ2, termasuk otot skeletal, CMIIW)
    4. Jantung berdebar2 (karena metabolieme meningkat juga meningkatkan kerja jantung)
    5. Kelelahan
    6. dll

    Kalo hypothyroid ya dibalik aja (mekanismenya juga dibalik aja ya)
    1. berat badan meningkat
    2. tidak tahan dingin
    3. Konstipasi
    4. Lelah, cape
    5. Kdang bisa diserai depresi, penurunan libido, dll.

    Baik hyper maupun hypothyroid umumnya cukup diatasi dengan obat2 an.
    Kalo hyperthyroid ya dikasi obat2 an utk menekan fungsi kelenjar thyroid (PTU, carbimazole, dll). Kalo hypothyroid ya dikasi obat pengganti hormon thyroid (levothyroxin).

    Hyper maupun hypothyroid perlu mendapat penanganan yg teratur karena kadar hormon thyroid yg tinggi ataupun rendah dlm wkt lama bisa menimbulkan komplikasi sepertri perubahan struktur jantung, dll.
    Kadar thyroid yg terlalu tinggipun bisa menjadi kegawatdaruratan (hyperthyroid crisis).

    Jadi apakah om TS ada kelaina thyroid? Ya mungkin aja, tapi mungkin yg hypothyroid, krn ga tahan dingin. Tapi utk memastikan mesti periksa darah, cek T3, T4, TSH.


    Saya menyarankan anda tidak menggunakan obat2 alternatif, karena obat atau jamu tersebut tidak dilakukan penelitian klinis yang memadai sering digunakan sebagai obat segala macam penyakit, sehingga khasiatnya sering diragukan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo