• Breaking News

    Hypothyroidisme: Kelenjar Gondok Gagal Bekerja :

    PENGOBATAN TERAPI NURSYIFA'* Fungsi kelenjar gondok yang rendah atau hypothyroidisme bisa terjadi pada semua umur. Pada bayi, kelak anak akan menjadi cebol dan dungu. Jika terjadi setelah usia dewasa, bisa muncul gondokan atau mungkin penyakit myxedema.

    > Saat ini tidak ada obat, serum maupun vaksin yang dapat menyembuhkan manusia dari penyakit Gondok secara Medis, termasuk juga penggunaan Kemoterapi hanya akan menjadikan seluruh jaringan tubuh rusak dan jadi kanker. Akan tetapi penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan Teknologi al Quran yang datangnya dari Allah dengan datang berobat ke Yayasan NurSyifa' Jakarta.

    Penyakit gondok yang kelenjarnya membesar di leher dan banyak didapat di daerah yang air tanahnya kekurangan iodium, disebut gondok endemis. Oleh karena tidak tercukupi kebutuhan iodium untuk membuat hormon gondok thyroid, lambat laun kelenjar sebagai pabrik yang memproduksi hormon, memperbesar diri. Semakin kurang bahan baku iodium dikonsumsi, semakin harus lebih membesar kelenjarnya, agar produksi hormon yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang normal bisa mencukupi kebutuhan tubuh.

    Kekurangan iodium tidak hanya mengakibatkan pembesaran kelenjar gondok ( thyroid ), tapi juga dapat mengakibatkan kelainan-kelainan lain berupa gangguan fisik (pertumbuhkan terhambat, kekerdilan, bisu dan tuli), gangguan mental, dan gangguan neuromotor. Gangguan fisik, mental dan neuromotor yang tidak dapat disembuhkan banyak ditemukan di daerah endemik.

    Iodium merupakan unsur hara yang diperlukan tubuh manusia. Iodium mula-mula diserap di dalam sel folikel dari kelenjar gondok dalam bentuk garam iodida. Sel folikel mengubah iodida menjadi iodium. Pada saat yang sama sel juga mensekresi (mengeluarkan) suatu protein yang disebut tiroglobulin ke dalam folikel. Iodium bereaksi dengan tiroglobulin, baik sebelum dibebaskan maupun sesudah dibebaskan, mengubah asam amino tirosin dalam molekul tiroglobulin menjadi tiroksin.

    Sekresi hormon tiroid diatur oleh tirotropin ( Thyroid stimulating hormone / TSH ). Apabila jumlah iodium yang tersedia tidak mencukupi, produksi tiroksin dan triodotironin menurun dan sekresi TSH oleh pituitari meningkat, akibatnya sekresi tiroglobulin oleh sel tiroid meningkat yang menyebabkan kelenjar membesar dan terjadi hiperplasia yang mengakibatkan gondok.

    Selain itu, kekurangan iodium dapat juga mengakibatkan terjadinya kretinisme ( kerdil ), menurunnya kecerdasan dan untuk tingkat yang lebih berat dapat mengakibatkan gangguan pada otak dan pendengaran serta berakibat kematian pada bayi.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo