• Breaking News

    Lemak Ikan Halau Gagal Jantung


    BERMANFAAT: Lemak ikan yang terdapat dalam ikan salmon, makarel dan herring sangat baik untuk mendukung kondisi jantung.

    Pria yang mengonsumsi lemak ikan dan asam lemak omega 3 berisiko lebih rendah terhadap gagal jantung, ungkap sebuah studi.

    Pada tahun 1998 hingga 2004, peneliti asal Amerika Serikat dan Swedia mengikuti hampir 40.000 pria Swedia berusia 45-79 tahun. Para partisipan tersebut dicatat pola makan serta catatan kesehatannya.

    Sepanjang tahun tersebut, 597 pria tanpa sejarah penyakit jantung atau diabetes mengalami gagal jantung dan 34 orang meninggal dunia.

    Sementara itu, pria yang mengonsumsi lemak ikan seperti dari ikan salmon, makarel, herring, whitefish dan char, minimal satu kali setiap minggu mampu menekan risiko gagal jantung.

    Penelitian itu juga menemukan, pria yang mengonsumsi lemak ikan dalam jumlah yang sangat teratur yaitu 0,3 gram per hari dari asam lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan cod atau ikan laut lainnya, memiliki risiko gagal jantung dibandingkan pria yang mengonsumsi lebih sedikit atau tidak sama sekali.

    Manfaat lemak ikan memang hanya tampak pada pria yang makan satu porsi ikan yang mengandung lemak bermanfaat per minggu atau yang mmengonsumsi asam lemak omega 3 secara teratur.

    Namun, satu yang yang mengejutkan dalam penelitian, pria yang mengonsumsi lemak ikan atau asam lemak omega 3 lebih dari itu tidak memiliki perlindungan jantung, bahkan memiliki risiko yang sama dengan pria yang tidak pernah mengonsumsi lemak ikan atau asam lemak omega 3.

    "Kemungkinan hal itu dialami pria yang kondisi kesehatannya sangat buruk sehingga mereka mengonsumsi lebih banyak lemak ikan atau asam lemak, justru hal itu meningkatkan faktor risiko dari gagal jantung," ujar pemimpin penelitian sekaligus ahli kardiologi dari Beth Israel Deaconess Medical Center dam Harvard Medical School di Boston pada siaran pers pada European Heart Journal.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo