• Breaking News

    Pemindahan Gaji Bagi PNS Mutasi

    www.galihgumelar.org - Langkah terakhir & terpenting bagi PNS yang mutasi, setelah mendapatkan SK Mutasi dari BKN Kantor Regional tujuan, adalah memindahkan pembayaran gaji dari daerah asal ke daerah tujuan. Hal ini dikarenakan setiap daerah sudah memiliki otonomi masing-masing, pembayaran gaji PNS yang mutasi adalah menjadi tanggungjawab penuh daerah tujuan. Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk pemindahan gaji PNS mutasi, berdasarkan pengalaman pribadi kami:

    1. Mulai berdinas di instansi tujuan,
    Setelah menerima SK dari BKN Regional daerah tujuan, kita menyerahkan salinan SK yang ditujukan pada pimpinan instansi tujuan (misalnya Walikota/Bupati atau Gubernur) ke bagian BKD. Setelah itu, pihak BKD akan menginformasikan kapan kita bisa mulai masuk bekerja di instansi tujuan.

    2. Mendapatkan Surat Keputusan Penempatan,
    Meskipun kita sudah menerima SK dari BKN Regional, tetapi SK tersebut tidak menyebutkan secara spesifik penempatan kita pada instansi tujuan. Misalnya apakah akan bertugas di dinas pendapatan daerah, atau Badan Kepegawaian Daerah atau dinas-dinas lain. Nah, kita akan segera mendapatkan surat penempatan yang ditandatangani oleh pimpinan instansi, dimana kita akan ditempatkan. Pengalaman saya, ini memerlukan waktu sekitar 1-2 minggu.

    3. Mengurus Surat Penghentian Pembayaran,
    Setelah mendapatkan surat keputusan penempatan, kita dapat mengurus surat penghentian pembayaran gaji ke BKD daerah asal. Mungkin kita bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan saudara/teman kerja untuk membawakan kopi Surat Keputusan Penempatan dan mengurus surat penghentian pembayaran gaji. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu untuk mendapatkan surat penghentian pembayaran gaji, dari BKD daerah asal. Pada surat tersebut, akan disebutkan bahwa pembayaran gaji si “A” mulai bulan (misalnya Juni) akan dilakukan oleh instansi tujuan (tempat berdinas saat ini), bukan oleh instansi asal.

    4. Mengurus administrasi pembayaran gaji pada instansi tujuan,
    Setelah mendapatkan surat penghentian pembayaran gaji dari BKD daerah asal, maka kita tinggal menyampaikan surat tersebut ke pejabat yang berwenang pada instansi tempat kita berdinas sekarang (biasanya bendahara atau bagian keuangan), dan menunggu pembayaran gaji kedepannya yang akan dibayarkan oleh instansi tempat berdinas sekarang. Untuk pemda/pemkot/pemkab tertentu, yang pembayaran gaji sudah melalui transfer bank, biasanya kita diminta untuk membuka rekening dibank yang sudah bekerja sama dengan pihak pemda/pemkot/pemkab tersebut. Biasanya Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank milik daerah.

    Selamat mencoba.

    5 komentar:

    1. trims' ya Pak atas segala infonya, semoga jaya dan terus slalu berbagi...

      BalasHapus
    2. Trims infonya y Pak .. Sebagai masukan jg utk saya yang berniat pindah k instansi lain. Oiya apakah Bpk puny informasi ttg formasi utk Pindah Ke pemda DKI ? Kalau ada mohon infonya y Pak ... Terimakasih ( envivo.delanisa@gmail.com).

      BalasHapus
    3. Halo orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga INDONESIA tetapi saya tinggal di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya menuntun saya kepada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ny. Nurliana Novi, pemberi pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON LOAN FIRM, setelah saya ditipu oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus dipercaya, lalu dia datang dan memberikan senyum lebar di wajah saya sebagai kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai,

      Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman dari dia, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya adalah bagian dari pengalaman, hari ini hidupku mendapat giliran baru berkat ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang telah kamu dengar tetapi aku adalah saksi dan jika aku mengatakan kebohongan semoga ALLAH mengambil nyawaku, orang-orangku di sana jika kamu mau pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percayai,

      Ny. Elina Johnson dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM hanya menghubungi dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi pada nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

      BalasHapus
    4. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

      BalasHapus
    5. Cara pengalihan gaji dari istansi lama ke istansi baru beda kecamatan satu kabupaten mohon arahanx

      BalasHapus

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo