• Breaking News

    Berhenti Mendengkur dengan 5 Cara Alami

    Mendengkur akan membuat Anda lelah dan tidak bersemangat di pagi hari. Ikuti 5 langkah berikut agar tidur Anda tenang dan nyenyak.

    "Mendengkur seringkali dijadikan lelucon, padahal mendengkur bisa menimbulkan masalah yang serius dalam keluarga," kata Mark Mahowald, MD, direktur Pusat Kelainan Tidur Daerah Minnesota (Minnesota Regional Sleep Disorders Center)."Banyak pasangan yang tidak bisa tidur sekamar karena masalah dengkuran."

    Mahowald mengingatkan, setiap orang harus berhati-hai dalam memilih obat baik dalam bentuk spray atau pil yang menjanjikan bisa menghentikan dengkuran."Ada banyak jenis spray, pil dan tablet yang mengklaim bisa menghentikan dengkuran, tetapi saya belum melihat ada data ilmiah yang mendukung klaim ini," terang Mahowald.

    Untungnya, Anda bisa berhenti mendengkur dengan mengubah gaya hidup dan melakukan penyembuhan alami.

    1. Ubahlah posisi tidur Anda

    Dengkuran disebabkan oleh langit-langit lunak, uvula, lidah, tonsil dan atau otot-otot di bagian belakang tenggorokan saling bergesekan satu sama lain dan menimbulkan bunyi bervibrasi selama Anda tidur. "

    Jadi, pada dasarnya, dengkur akan terjadi hanya jika Anda berbaring dengan punggung dan lidah jatuh ke belakang dan meningkatkan penahanan udara," terang Mahowald.

    "Tidur dengan menghadap ke samping akan membantu Anda berhenti mendengkur." Anda juga bisa menaikkan bagian kepala tempat tidur Anda sekitar 4 inchi. Anda bisa meletakkan benda di bawah matras.

    Akan tetapi, ketika dengkur Anda semakin membaik, itu tetap bisa terjadi saat Anda tidur menghadap ke samping atau dengan menaikkan kepala. Anda mungkin tetap mendengkur sepanjang malam walaupun telah memperbaiki posisi tidur. Kalau begitu, sudah saatnya mengubah gaya hidup Anda.

    2. Turunkan 10% berat badan Anda

    Menurut Mahowald, orang-orang yang kelebihan berat badan cenderung memiliki jaringan tebal di leher yang meningkatkan risiko mendengkur. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan sedikit berat badan, bahkan hanya 10% dari berat badan Anda, akan membantu hentikan dengkuran.

    3. Hindari alkohol dan obat penenang

    "Apapun yang membuat tenang seperti pil tidur dan alkohol dalam kadar rendah bisa menyebabkan dengkuran karena bahan ini cenderung menekan aliran napas," ujar Robert W. Clark, MD, Direktur Medis Pusat Kelainan Tidur di Columbus Community Hospital, Ohio.

    Jika Anda mendengkur karena minum alkohol dan menggunakan obat penenang, sebaiknya mulai hentikan salah satu atau kedua-duanya.

    4. Menghirup uap sebelum tidur

    Alat pelega napas seringkali menyebabkan dengkuran. Menurut Clarke, Anda lebih baik melegakan hidung mampet dengan menghirup uap dalam-dalam melalui hidung.

    Sediakan air panas dan tutuplah kepala Anda dengan handuk. Menghirup uap panasnya akan mengencerkan mucus penyebab hidung mampet.

    5. Cobalan nasal strip

    Studi menunjukkan, nasal strip bisa meredakan hidung mampet serta membantu berhenti mendengkur."Bernapas jauh lebih mudah jika lubang hidung terbuka lebar, jadi nasal strip yang digunakan pada hidung bisa membantu jika dengkuran disebabkan oleh masalah hidung. Tetapi, seringkali dengkuran disebabkan oleh masalah pada lidah atau langit-langit lembut dan bukan hidung.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo