• Breaking News

    Hamil Tak Perburuk Kanker Payudara

    Perempuan hamil yang terserang kanker payudara tak memiliki perbedaan dalam kemungkinan kematian dibandingkan dengan pasien muda kanker payudara.


    Demikian hasil studi yang disiarkan Senin (9/2) di dalam jurnal Cancer.

    Studi tersebut adalah salah satu yang terbesar yang mengkaji apakah kanker payudara menyerang perempuan hamil lebih keras dibandingkan dengan perempuan lain. Studi itu bertolak-belakang dengan beberapa studi sebelumnya menyatakan kehamilan membuat kondisi lebih parah.

    Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisis data dari 652 perempuan yang berusia 35 tahun dan lebih muda yang dirawat karena menderita kanker payudara di M.D. Anderson Cancer Center, University of Texas, dari 1973 sampai 2006.

    Hasilnya memperlihatkan angka kemunculan kembali kanker, penyebaran kanker dan kelangsungan hidup penderitanya biasanya sama bagi perempuan yang menderita kanker payudara yang sedang hamil dan perempuan muda lain yang menderita penyakit tersebut.

    “Kanker payudara di kalangan perempuan muda adalah penyakit yang sangat agresif, dan penting bahwa kami mempelajarinya dengan harapan dapat membuat perbedaan dalam bidang pengobatan,” kata penulis utama studi itu Dr Beth Beadle.

    Sebanyak 3,8 persen kehamilan diperkirakan menambah rumit kanker payudara, dan rata-rata 10 persen pasien kanker payudara yang berusia 40 terserang penyakit itu selama hamil, kata para peneliti tersebut. M.D. Anderson memiliki sejarah panjang berada di garis depan dalam perawatan perempuan hamil yang terserang kanker payudara.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo