• Breaking News

    Apakah Metode Eksperimental

    Galih Gumelar - Apakah Metode Eksperimental. Bagaimana cara mengumpulkan data dalam metode satu ini?
    Penelitian menggunakan metode eksperimental akan mengumpulkan data dengan berbagai macam cara, mulai dari survei, observasi, hingga wawancara. Bedanya, metode ini akan membagi objek penelitiannya menjadi dua kelompok—kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

    Kedua kelompok diusahakan untuk memiliki karakteristik yang semirip mungkin. Kelompok eksperimen akan menerima perlakuan baru dari peneliti, misalnya kebijakan baru, sementara kelompok kontrol tidak. Bagaimana cara mengolah dan menganalisis data?

    Nantinya, data akan terhimpun sesuai dengan cara pengumpulannya. Yang menjadi garis besar dari penelitian ini ialah hasil dari perlakuan baru terhadap kelompok eksperimen. Apabila hasilnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan bila dibandingkan dengan kelompok kontrol, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perlakuan baru tersebut tidak memiliki pengaruh signifikan juga.

    Seperti apa contoh dari penggunaan metode eksperimental?

    Misalnya, sebuah sekolah berwacana untuk mengurangi banyaknya waktu yang dihabiskan siswa untuk bermain game. Sekelompok siswa yang menghabiskan lebih dari 5 jam dalam sehari untuk bermain game dikumpulkan dan dibagi ke dalam dua kelompok. Pada kelompok pertama, siswa diberikan aktivitas baru sebagai pengganti game, sementara pada kelompok kedua, siswa tidak diberikan aktivitas apapun.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo