• Breaking News

    Apakah Metode Longitudinal

    Galih Gumelar - Apakah Metode Longitudinal. Bagaimana cara mengumpulkan data dalam jenis metode penelitian satu ini?

    Penelitian menggunakan metode longitudinal akan mengumpulkan data dengan berbagai macam cara, namun yang paling umum dilakukan ialah survei. Sampel penelitian akan diberikan kuesioner/angket yang harus diisi. Kemudian, dalam jangka waktu tertentu setelah melakukan survei yang pertama, peneliti akan melakukan survei kedua, dan seterusnya untuk kemudian mencari perubahan yang terjadi. Tidak ada ketentuan berapa kali peneliti harus mengulang surveinya, namun, biasanya dilakukan paling tidak sebanyak dua kali.

    Bagaimana cara mengolah dan menganalisis data? Data yang telah terhimpun dapat diolah serta dianalisis secara manual ataupun dengan perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengolah data.

    Contoh dari penggunaan metode longitudinal, misalnya, seorang peneliti akan melakukan penelitian terhadap eks pecandu narkoba dalam lingkungan masyarakat dengan melakukan wawancara terhadap partisipan terpilih. Hasil wawancara akan dicatat baik-baik untuk dijadikan arsip. Lalu, setiap enam bulan, peneliti akan mendatangi partisipan yang sama untuk melihat perubahan/perkembangannya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo