• Breaking News

    Langkah – Langkah Pencarian Deskriptif Pada Metode Penelitian Deskriptif

    Galih Gumelar - Langkah – Langkah Pencarian Deskriptif Pada Metode Penelitian Deskriptif . 


    • Perumusan Masalah, setiap metode pencarian harus dimulai dengan masalah, yaitu, mengirimkan pertanyaan penelitian yang jawabannya harus dicari untuk menggunakan data lapangan. Pertanyaan tentang masalah termasuk variabel yang dipelajari dalam penelitian ini. Dalam penelitian deskriptif, peneliti dapat menentukan keadaan suatu variabel atau mempelajari hubungan antar variabel.
    • Tentukan jenis informasi yang dibutuhkan, dalam hal ini, peneliti harus menentukan informasi apa yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan atau masalah yang diajukan. Informasi ini kuantitatif atau kualitatif. Informasi kuantitatif tentang data atau informasi berupa angka / angka suka.
    • Tentukan prosedur pengumpulan data, diperlukan dua elemen penelitian, yaitu alat atau pengumpul data dan sumber atau pola data dari mana informasi akan diekstraksi. Ada sejumlah alat untuk pengumpulan data dalam penelitian, termasuk tes, wawancara, observasi, kuesioner, sosiometri. Alat – alat ini sering digunakan dalam penelitian deskriptif.
    • Tetapkan informasi atau prosedur pemrosesan data, data dan informasi yang diperoleh dengan alat yang dipilih dan sumber data atau contoh spesifik masih bersifat perkiraan atau indikatif. Informasi dan data harus diproses sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk menjawab pertanyaan penelitian.
    • Buat kesimpulan tentang penelitian, berdasarkan hasil pengolahan data di atas, peneliti menyimpulkan hasil penelitian deskriptif dengan menjawab pertanyaan penelitian dan merangkum semua jawaban dalam kesimpulan yang merangkum masalah penelitian umum.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo