• Breaking News

    UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara - ASN


    GalihGumelar.org - Undang-Undang  No. 5 Tahun 2014: Aparatur Sipil Negara. Naskah Akademik RUU-nya

    UU ASN dalam bentuk ebook bisa unduh di SINI

    Bisa juga unduh di: sini 


    Setelah disetujui oleh DPR-RI pada Rapat Paripurna, 19 Desember 2013, Rancangan Undang-Undang (RUU) Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 15 Januari 2014 telah disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

    Inilah Pokok-Pokok Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (1)
    I. Jenis, Status dan Kedudukan
    II. Jabatan ASN
    IIa. Hak dan Kewajiban

    Inilah Pokok-Pokok Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (II)
    III. Kelembagaan,
    IIIa. KASN
    IIIb. Susunan dan Seleksi KASN

    Inilah Pokok-Pokok Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (III)
    IV. Mnajemen ASN
    IVa. Pangkat dan Jabatan

    Inilah Pokok-Pokok UU. No. 5/2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (IV)
    V. Mutasi, Penggantian dan Pemberhentian
    pasal 91 mengatur pensiun

    Inilah Pokok-Pokok Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (V)
    VI. Manajemen PPPK

    Inilah Pokok-Pokok Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (VI)
    VII. Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi
    a. di Instansi Pusat
    b. di daerah

    Inilah Pokok-Pokok Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (VII-Habis)
    VIII. Jadi Pejabat Negara
    IX. Organisasi dan Penyelesaian Sengketa
    X. Ketentuan Peralihan

    Berikut ini kami ringkas materi yang berupa pokok-okok dari UU No. 5/2014 tentang ASN:

    I. Jenis, Status, dan Kedudukan

    Pegawai ASN terdiri atas:

    a. Pegawai Negeri Sipil (PNS); dan
    b. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). PNS sebagaimana dimaksud merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai tetap oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan memiliki nomor induk pegawai secara nasional. Adapun PPPK merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan ketentuan Undang-Undang ASN.
    II. Jabatan ASN

    Jabatan ASN terdiri atas:

    a. Jabatan Administrasi;
    b. Jabatan Fungsional; dan
    c. Jabatan Pimpinan Tinggi.
    III. Hak dan Kewajiban

    Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 ini menegaskan, PNS berhak memperoleh:

    a. Gaji, tunjangan, dan fasilitas;
    b. Cuti;
    c. Jaminan pensiun dan jaminan hari tua;
    d. Perlindungan; dan
    e. Pengembangan kompetensi.
    Adapun PPPK berhak memperoleh:

    a. Gaji dan tunjangan;
    b. Cuti;
    c. Perlindungan; dan
    d. Pengembangan kompetensi.
    Sedangkan kewajiban ASN:

    a. Setia dan taat kepada Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan pemerintah yang sah;
    b. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa;
    c. Melaksanakan kebijakan yang dirumuskan pejabat pemerintah yang berwenang;
    d. Menaati ketentuan peraturan perundang-undangan;
    e. Melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran, dan tanggung jawab;
    f. Menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan dan tindakan kepada setiap orang, baik di dalam maupun di luar kedinasan;
    g. Menyimpan rahasia jabatan dan hanya dapat mengemukakan rahasia jabatan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan; dan
    h. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.
    III. Kelembagaan

    Presiden selaku pemegang kekuasaan pemerintahan tertinggi dalam kebijakan, pembinaan profesi, dan Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN). Untuk menyelenggaraan kekuasaan dimaksud, Presiden mendelegasikan kepada:
    a. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrrasi (PAN-RB) berkaitan dengan kewenangan perumusan dan penetapan kebijakan, koordinasi dan sinkronisasi kebijakan, serta pengawasan atas pelaksanaan kebijakan ASN;
    b. Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) berkaitan dengan kewenangan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan Manajemen ASN untuk menjamin perwujudan Sistem Merit serta pengawasan terhadap penerapan asas kode etik dan kode perilaku ASN;
    c. Lembaga Administrasi Negara (LAN) berkaitan dengan kewenangan penelitian, pengkajian kebijakan Manajemen ASN, pembinaan, dan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan ASN; dan
    d. Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkaitan dengan kewenangan penyelenggaraan Manajemen ASN, pengawasan dan pengendalian pelaksanaan norma, standar, prosedur, dan kriteria Manajemen ASN.
    IV. Manajemen ASN

    Manajemen ASN diselenggarakan berdasarkan Sistem Merit, yang berdasarkan pada kualifkasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang poltik, ras, warna kulit, agama, asal-usul, jenis kelamin, status pernikahan, umum, atau kondisi kecacatan. Manajemen ASN ini meliputi Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

    Disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 itu, Presiden dapat mendelegasikan kewenangan pembinaan Manajemen ASN kepada Pejabat yang Berwenang di kementerian, sekretariat jendral/sekretariat lembaga negara, sekretariat lembaga nonstruktural, sekretaris daerah/provinsi dan kabupaten/kota.

    Pangkat dan Jabatan

    Pasal 68 UU ini menegaskan, PNS diangkat dalam pangkat dan jabatan tertentu pada Instansi Pemerintah berdasrkan perbandingan objektif antara kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan yang dibutuhkan oleh jabatan dengan kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan yang dimiliki oleh yang bersangkutan.

    PNS juga dapat diangkat dalam jabatan tertentu pada lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, dengan pangkat atau jabatan yang disesuaikan dengan pangkat dan jabatan di lingkungan instansi Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

    V. Mutasi, Penggajian, dan Pemberhentian

    Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan, setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat dimutasi tugas dan/atau lokasi dalam 1 (satu) Instansi Pusat, antar Instansi Pusat, 1 (satu) Instansi Daerah, antar Instansi Daerah, antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah, dank e perwakilan Negara Kesatuan Republik Indonesia di luar negeri.

    Mutasi PNS dalam satu Instansi Pusat atau Instansi Daerah dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian; antar kabupaten/kota dalam satu provinsi ditetapkan oleh Gubernur setelah memperoleh pertimbangan kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN); antar kabupaten/kota antar provinsi, dan antar provinsi ditetapkan oleh Menteri PAN-RB setelah memperoleh pertimbangan kepala BKN; mutasi PNS provinsi/kabupaten/kota ke Instansi Pusat atau sebaliknya ditetapkan oleh Kepala BKN; dan mutasi PNS antar Instansi Pusat ditetapkan oleh Kepala BKN.

    Pemberhentian

    Mengenai pemberhenti, UU ASN ini menyebutkan, bahwa PNS diberhentikan dengan hormat karena:

    a. meninggal dunia;
    b. atas permintaan sendiri;
    c. mencapai batas usia pension;
    d. perampingan organisasi atau kebijakan pemerintah yang mengakibatkan pensiun dini; atau
    e. tidak cakap jasmani dan/atau rohani sehingga tidak dapat menjalankan tugas dan kewajiban.
    Adapun PNS diberhentikan dengan tidak hormat karena:

    a. melakukan penyelewengan terhadap Pancasila dan UUUD 1945;
    b. dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan dan/atau pidana umum;
    c. menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik; dan
    d. dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara paling singkat 2 (dua) tahun dan pindana yang dilakukan dengan berencana.
    VI. Manajemen PPPK

    Jenis jabatan yang dapat diisi oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) diatur dengan Peraturan Presiden. Selanjutnya, setiap Instansi Pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PPPK berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja.

    “Penyusunan kebutuhan jumlah PPPK sebagaimana dimaksud dilakukan untuk jangka waktu minimal 5 (lima) tahun yang diperinci per 1 (satu) tahun berdasarkan prioritas kebutuhan, dan ditetapkan dengan Keputusan Menteri,” bunyi Pasal 94 Ayat (4) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014.

    UU ini menegaskan, setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi calon PPPK setelah memenuhi persyaratan.

    VII. Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi

    Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menegaskan, pengisian jabatan pimpinan tinggi utama dan madya pada kementerian, kesekretariatan lembaga negara, lembaga nonstruktural, dan Instansi Daerah dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan lain yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    “Pengisian jabatan pimpinan tinggi utama dan masdya sebagaimana dimaksud dilakukan pada tingkat nasional,” bunyi Pasal 108 Ayat (2) UU tersebut.

    VII.a. Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi di Instansi Pusat

    Untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi utama dan/atau madya, panitia seleksi Instansi Pemerintah memilih 3 (tiga) nama calon untuk setiap 1 (sayu) lowongan jabatan. Tiga nama calon pejabat yang ter[ilih disampaikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian. Selanjutnya, Pejabat Pembina Kepegawaian mengusulkan 3 (tiga) nama calon sebagaimana dimaksud kepada Presiden.

    “Presiden memilih 1 (satu) nama dari 3 (tiga) nama calon yang disampaikan untuk ditetapkan sebagai pejabat pimpinan tinggi utama dan/atau madya,” bunyi Pasal 112 Ayat (4) UU ini.

    Inilah Pokok-Pokok Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (VII-Habis)

    VIII. Jadi Pejabat Negara

    Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menegaskan, pejabat pimpinan tinggi madya dan pejabat pimpinan tinggi pratama yang akan mencalonkan diri menjadi gubernur dan wakil gubernur, bupati/walikota, dan wakil walikota wajib menyatakan pengunduran diri secara tertulis dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejak mendaftar sebagai calon.

    IX. Organisasi dan Penyelesaian Sengketa

    Pegawai ASN berhimpun dalam wadah korps profesi Pegawai ASN Republik Indonesia, yang memiliki tujuan menjaga kode etik profesi dan standar pelayanan profesi ASN, dan mewujudkan jiwa korps ASN sebagai pemersatu bangsa.

    Sementara untuk menjamin efisiensi, efektivitas, dan akurasi pengambilan keputusan dalam Manajemen ASN, menurut UU No. 5/2014 ini, diperlukan Sistem Informasi ASN, yang diselenggarakan secara nasional dan terintegrasi antar-Instansi Pemerintah.

    Sistem Informasi ASN memuat seluruh informasi dan data pegawai ASN, yang meliputi:

    a. Data riwayat hidup;
    b. Riwayat pendidikan formal dan non formal;
    c. Riwajat jabatan dan kepangkatan;
    d. Riwayat penghargaan, tanda jasa, atau tanda kehormatan;
    e. Riwayat pengalaman berorganisasi;
    f. Riwayat gaji;
    g. Riwayat pendidikan dan latihab;
    h. Daftar penilaian prestasi kerja;
    i. Surat keputusan; dan
    j. Kompetensi.
    X. Ketentuan Peralihan

    Pada Bab Peralihan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 disebutkan, pada saat UU ini mulai berlaku, terhadap jabatan PNS dilakukan penyetaraan:

    a. jabatan eselon Ia kepala lembaga pemerintah non kementerian setara dengan jabatan pimpinan tinggi utama;
    b. jabatan eselon Ia dan eselon Ib setara dengan jabatan pimpinan tinggi madya;
    c. jabatan eselon II setara dengan jabatan pimpinan tinggi pratama;
    d. jabatan eselon III setara dengan jabatan administrator;
    e. jabatan eselon IV setara dengan jabatan pengawas; dan
    f. jabatan eselon V dan fungsional umum setara dengan jabatan pelaksana.

    Sumber : Setkab

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo