• Breaking News

    Stakeholder Pada Sektor Swasta

    Galih Gumelar - Karena stakeholders internal mudah dikendalikan dan biasanya lebih diserahkan kepada bagian kepegawaian atau dirangkap langsung oleh eksekutif puncak. Unsur-unsur stakeholders internal adalah sebagai berikut :

    Pemegang Saham
    Pemegang saham atau pemilik perusahaan mempunyai kekuasaan yang besar karena mudanya usia perusahaan dan seluruh karyawan mengidentikkan pemilik sebagai pemimpin spiritual perusahaan. Selama pemilik itu adalah pendiri hal ini akan berubah bila perusahaan telah go public dan tidak ada lagi konsentrasi kepemilikan saham pada pihak tertentu. Perusahaan muda adalah perusahaan yang relative masih dinahkodai oleh pemilik,berada pada generasi pertama dan dominasi keluarga pemilik.

    Manajer dan Top Executives
    Manajer perusahaan berada dibawah kendali pemilik, hanya dengan kapasitas memadailah seorang manajer dapat tampil otonom dalam mengelola perusahaan. Manager professional membutuhkan mitra yang mempunyai kapasitas manajerial dan wawasan intelektual.

    Kasus berpindahnya secara bergerombol (enblock),redaksi senior media massa yang mapan dalam kurun waktu 1985-1990 ke media baru terjadi karena adanya daya tarik dari investor baru yang ingin cepat menguasai teknologi penerbitan dan bayangan hidup lebih baik bagi para wartawan nuda.

    Solidaritas pers akan rusak dan persaingan dapat saling mematikan. Tugas Public Relation adalah memantau gejala-gejala ini dan member masukan dan rekomendasi kepada perusahaan agar perusahaan tersebut tidak menimbulkan dampak bagi:

    • Merosotnya moral kerja karyawan
    • Hilangnya kepercayaan konsumen
    • Turut campurnya phak ketiga untuk mengambil alih perusahaan(take over)/memasukkan orang baru (intervensi)
    • Merosotnya reputasi eksekutif puncak perusahaan.(perusahaan yang melepas saham menimbulkan turunya harga saham).

    Karyawan
    Karyawan adalah orang-orang dalam perusahaan yang tidak memegang jabatan struktural. Public Relation perlu menangani karyawan karena Pertama, karyawan adalah orang yang paling banyak jumlahnya dalam perusahaan, secara struktural mereka lemah. Kedua, karena tingkat pendidikannya rendah, karyawan mudah disulut isu. Ketiga, karyawan adalah ujung tombak perusahaan jasa. Keempat, karyawan merupakan sumber suara potensial dalam pemilihan umum. Kelima, pers umumnya bersimpati kepada karyawan yang dilanggar hak-haknya oleh manajemen.

    Public Relation umumnya menggunakan MBWA (Managing by Walking Aroun) untuk memperoleh simpati kayawan. Tugas Public Relation adalah menciptakan iklim baik agar karyawan dapat bekerja tenang dan aman. Rasa tidak aman akan mengakibatkan mereka mencari perlindungan dari pihak-pihak diluar perusahaan, turut campurnya pihak luar menunjukkan perusahaan sudah kehilangan kepercayaan dari karyawannya.

    Baca Juga Artikel yang Mungkin Berkaitan : Teori Stakeholder

    Keluarga Karyawan
    Tugas Public Relation adalah menimbulkan pemahaman para anggota keluarga tentang keadaan pekerjaan anggota keluarganya sehingga mereka dapat menyesuaikan perilakunya. Public Relation juga perlu mendapatkan kepercayaan dari anggota keluarga karyawannya atas produk-produk yang dihasilkan perusahaan, sebelum perusahaan memperoleh kepercayaan diri dari konsumen raihlah kepercayaan dari keluarga karyawan yang turut memproduksi barang itu.


    Sumber : berbagai sumber

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo