• Breaking News

    Cara Mudah Mengelola Bisnis Retail

    Galih Gumelar - Cara Mudah Mengelola Bisnis Retail  yang berhasil dirrangkum dari beberapa sumber, semoga bermanfaat : 

    1. Berikan kode khusus untuk barang – barang

    Mungkin ketika Anda baru memulai bisnis retail Anda berfikir bahwa tidak perlu memberikan kode – kode pada barang yang akan Anda jual. Tetapi berjalannya waktu usaha retail Anda pasti akan memiliki variasi yang banyak, ketika inilah Anda akan kode barang sangat diperlukan.

    Kode barang ini pun dapat memudahkan Anda dalam melakukan peletakan pada gudang. Misalnya kode barang AA-1 di letakan di baris pertama dan seterusnya. Keunggulan pemberian kode barang ini juga akan memudahkan Anda untuk memberikan kecepatan dan ketepatan pada saat terjadi banyak pesanan.

    2. Letakan barang yang dijual di dalam gudang tersendiri

    Gudang adalah salah satu element penting dalam bisnis retail, seperti dijelaskan di poin pertama gudang akan sangat membantu Anda dalam mengorganisir penyusunan stok barang. Ketika adanya pemesanan Anda tidak perlu khawatir dan berlama – lama dalam pencarian barang.

    3. Pencatatan transaksi penjualan

    Tips selanjutnya yaitu pencatatan transaksi penjualan, ketika bisnis retail Anda sudah berkembang pencatatan transaksi penjualan adalah hal yang paling penting. Anda pasti tidak menginginkan jumlah uang yang didapatkan dari penjualan tidak sesuai dengan stok barang yang ada.

    Dengan pencatatan transaksi ini ada dapat menganalisa apa saja yang terjadi dalam bisnis Anda. 

    4. Pengecekan barang masuk

    Setelah selalu melakukan pencatatan transaksi penjualan, melakukan pengecekan barang masuk juga tidak kalah penting untuk Anda pelaku bisnis retail. Cara ini membantu mencegah adanya kerancuan pada stok barang Anda, misalnya Anda tidak mengetahui barang – barang sisa Anda kemudian Anda melakukan stok barang masuk kembali, Anda tidak akan mengetahui barang mana yang harus Anda keluarkan terlebih dahulu.

    Selain itu pengecekan barang masuk juga berguna untuk mencegah adanya kerusakan barang ketika Anda membeli barang tersebut sehingga Anda tidak mengalami kerugian dalam pemberian barang.


    5. Selalu melakukan Stok Opname

    Stok opname adalah proses yang dilakukan secara berkala untuk menghitung jumlah fisik barang dan persediaan yang dimiliki oleh bisnis retail. Hasil dari penghitungan akan dibandingkan dengan jumlah pencatatan persediaan yang tersedia. 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo