• Breaking News

    Kategori Stakeholder

    Galih Gumelar - Warsono dkk. (2009:31-36) mengategorikan stakeholder menjadi dua kelompok, yaitu:

    Pemangku kepentingan pasar

    Pemangku kepentingan pasar adalah pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi ekonomik dengan perusahaan yang berkaitan dengan pelaksanaan tujuan utama perusahaan untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat. Pemangku kepentingan pasar seringkali juga disebut pemangku kepentinganprimer(primary stakeholder).

    Kelompok-kelompok pemangku kepentingan yang ditetapkan sebagai pemangku kepentingan pasar meliputi pemegang saham, kreditur, pemasok, pelanggan, karyawan, dan distributor /pedagang besar/pengecer.

    Pemangku kepentingan non-pasar

    Pemangku kepentingan non-pasar adalah orang-orang atau kelompokkelompok yang walaupun tidak terlibat dalam pertukaran ekonomik langsung dengan perusahaan, dipengaruhi oleh atau dapat memengaruhi tindakan perusahaan. Pemangku kepentingan non-pasar juga sering disebut dengan pemangku kepentingan sekunder (secondary stakeholder).

    Kelompok-kelompok pemangku kepentingan yang dikategorikan sebagai pemangku kepentingan non-pasar, meliputi. komunitas, berbagai level pemerintahan, kelompok-kelompok aktivis, organisasi nonpemerintah, media, kelompok pendukung bisnis, dan masyarakat umum. Berdasarkan teori yang diungkapkan diatas, stakeholder berperan  penting dalam menentukan perusahaan mampu untuk going concern atau tidak. Perusahaan harus menjaga hubungan dengan stakeholder-nya dengan mengakomodasi keinginan dan kebutuhan stakeholder-nya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo