• Breaking News

    Feng Shui Dalam Tinjauan Islam Bagian 5


    3. Pengaruh Dimensi Ruang Dan Waktu
    Alam semesta memiliki denyut kehidupan dan bergerak mengikuti poros kodrati, memberi dampak yang luas pada lingkungan tempat siklus kehidupan itu berjalan. Faktor geografi lingkungan memberi  dampak besar terhadap sifat dan kebiasaan manusia serta makhluk hayati lainnya. 

    Secara tidak langsung, semua kehidupan  di bumi dibentuk, dibatasi, dan dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan geografis tempat seseorang tumbuh, diantara musim sebagai faktor dimensi waktu  dan lingkungan tempat tinggal sebagai faktor dimensi ruang. Ulasan ilmu feng shui sendiri mencakup keduanya. Tak sekadar membahas pengaturan tata ruang, namun juga pengaruh dimensi waktu terhadap kondisi waktu terhadap kondisi bangunan dan bioritme penghuni.

    4. Sinergi Antara Manusia, Lahan/ Rumah Dan Alam
    Feng shui mengajarkan bagaimana ketiga faktor  yaitu alam, bangunan dan manusia sebaiknya hidup dalam sinergi yang baik agar tidak saling merusak dan merugikan. 

    a. Bumi, sebagai faktor penopang dalam pandangan budaya timur bukan sekadar benda mati yang bisa diubah, dibentuk, dan dirusak mengikuti keinginan manusia. Tetapi alam lingkungan (termasuk angin, gunung dan sungai) selalu digambarkan sebagai sosok naga yang harus diperlakukan dengan hati-hati. Apabila keseimbangan ekosistem dirusak alam akan murka, dan kehidupan manusia akan binasah. 
    b. Bangunan, sebagai benda yang dibuat oleh manusia terbuat dari unsur bumi dan diisi oleh nafas kehidupan alam semesta. Sebab itu, bangunan memiliki denyut kehidupan dan akan mewarnai kehidupan yang tinggal di dalamnya. 
    c. Manusia, sebagai makhluk sosial yang  berakal budi, dalam pengaruh alam yang baik akan menghasilkan  nilai kesadaran yang bermanfaat bagi kehidupan dirinya dan lingkungannya. Tetapi dalam pengaruh alam yang buruk, ambisinya dapat merusak dirinya dan lingkungan tempat ia tinggal.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo