• Breaking News

    Feng Shui Dalam Tinjauan Islam Bagian 6


    5. Pengaruh Gambar Naga 
    Menempatkan gambar naga dalam  rumah mencerminkan suatu bagian besar dari keajaiban feng shui Taois, karena ia digunakan untuk mengaktifkan chi kosmik yang diwakilinya. Namun ia harus duduk di tempat yang tepat di dalam rumah. Matanya harus dibukakan dan ada hal-hal tabu yang berkaitan dengan ukuran dan warnanya. Ia memberikan hasil yang paling baik jika ditempatkan secara tandem dengan  air yang mengalir indah dan ia memberikan kekuatan perlindungan yang besar bagi mereka yang tahu bagaimana cara menggunakan gambarnya yang berwarna emas.

    Beberapa Penempatan Naga Di Dalam Rumah Antara Lain:
    a. Tempatkan sebuah pahatan atau lukisan naga kecil di ruang tamu anda, jika memungkinkan menghadap ke timur. Gunakanlah selalu kompas untuk mendapatkan arah yang benar, seekor naga dapat hidup didalam atau luar rumah dan tetap memberikan uang kepada anda. Sang naga harus selalu ditempatkan menghadap air karena kehadiran hawa yangdari air membuat simbol naga itu bangun dan menghembuskan napas chi yang tepat.
    b. Jangan pernah menempatkan naga di dalam toilet atau kamar mandi meskipun hanya menghadapnya karena ini menandakan bahwa uang anda sedang dicuci habis. Bahkan saat sang naga menghadap laut, jika ada toilet diantaranya secara simbolis kekayaan anda sedang dicuci 
    habis. 
    c. Jangan menggantung atau menempatkan gambar naga ke arah selatan, sektor api. 
    d. Jangan menempatkan gambar naga di atas tempat api karena ini menandakan bahwa energi api sedang membakarnya. 
    e. Jangan menggunakan karpet naga karena ini sama sekali tidak berpengharapan. Bagaimana anda dapat sukses jika anda terus melangkah di atas simbol kesuksesan. 
    f. Jangan pernah menggantung gambar naga di kamar tidur karena akan 
    menimbulkan tenaga yang berlebihan.

    6. Bentuk Tanah dan Struktur Bangunan yang Membawa Energi Merugikan.
    Energi merugikan berkumpul dibentuk tanah dan struktur bangunan yang memiliki ketidak sesuaian  yang tajam dengan lingkungan sekitar.

    Beberapa bentuk tanah dan struktur bangunan yang dapat membawa energi 
    merugikan antara lain: 
    a. Tebing 
    b. Karang menggantung dan bongkahan batu besar 
    c. Parit dan batuan lepas 
    d. Bangunan tinggi 
    e. Bangunan dengan sisi tajam 
    f. Bangunan berbentuk tidak beraturan. 
    g. Pembangkit listrik 
    h. Tanah dan bangunan yang berhubungan dengan kematian dan penyakit. 
    i. Tanah dan bangunan yang berhubungan dengan kebusukan.
                                                    
    7. Bentuk Tanah Dan Struktur  Bangunan Yang Membawa Energi Menguntungkan 
    Energi menguntungkan terdapat pada tanah yang mempunyai kesuburan dan letaknya mempunyai daya pandang yang luas tanpa halangan. 
    Beberapa bentuk tanah dan struktur bangunan yang membawa energi menguntungkan antara lain:    
    a. Bukit yang landai. 
    b. Air tenang. 
    c. Semak dan hutan. 
    d. Tanaman dan kebun. 
    e. Bangunan bulat. 
    f. Tanah dan bangunan yang membawa energi hidup.

    8. Memilih Skema atau Warna
    Ada beberapa pilihan warna yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan yaitu: 
    a. Merah, untuk mengaktifkan selera makan, kekuatan fisik, kegairahan, tindakan dinamis, keteguhan dan kegembiraan. 
    b. Jingga, untuk mengaktifkan optimisme, perluasan, kepercayaan diri, rasa kebersamaan, antusiasme, kehangatan hati. 
    c. Kuning, untuk mengaktifkan intelektual, komunikasi, perhatian pada detail, prestasi akademis, ungkapan, kebebasan, dan ketulusan. 
    d. Hijau, untuk mengaktifkan keseimbangan, harmoni, penyembuhan, pertumbuhan, harapan, kelimpahan dan penggantian. 
    e. Biru, untuk mengaktifkan inspirasi, kedamaian batin, pemahaman spiritual, iman, devasi, kesabaran, ketenangan, kepuasan.  
    f. Ungu, untuk mengaktifkan ketenangan,  intuisi, kesadaran, psikis, kelembutan dan pandangan spiritual. 
    g. Putih, untuk mengaktifkan pemurnian, kerendahan hati, kemurnian, perluasan keseimbangan, cinta ilahi dan terlalu banyak putih dapat terlihat steril. 
    h. Hitam, unutk mengaktifkan  yang misterius, tidak dikenal, kediaman alam batin, malas, dan terlalu banyak hitam dapat menyebabkan depresi.

    9. Air Untuk Kelimpahan.
    Dalam ilmu feng shui air mempunyai peranan yang penting yaitu: 
    a. Tempatkanlah aquarium atau air mancur di daerah kekayaan dalam rumah anda. Ini terletak di sudut kiri terjauh ketika anda menghadap ke depan rumah. 
    b. Peliharalah sembilan  ikan mas (8 merah dan 1 hitam) atau 100 ikan Gapy dalam aquarium untuk merangsang kelimpahan, 1 atau 5 arwana juga akan memiliki efek. 
    c. Tempatkanlah air mancur atau pancuran air di luar pintu rumah anda lebih baik di sebelah kanan pintu  ketika anda masuk. Ini memberikan rizki dan kelimpahan untuk mengalir ke pintu depan rumah anda. 
    d. Tempatkan model kapal layar  (dengan layar terbentang) menghadap ruang kerja anda (meja, kasir, komputer) ini akan melambangkan kapal yang berlayar di air yang tenang yang membawa kelimpahan bagi anda. 
    e. Pastikan semua jalan air jernih lancar untuk merangsang aliran keuangan, jangan biarkan air tersumbat di saluran. 
    f. Aliran berliku didepan rumah anda membawa nasib baik dan kelimpahan.

    10. Arah Dan Feng Shui
    Arah berperan penting dalam  feng shui, master Cina kuno memahami kekuatan tersembunyi yang mengalir dari setiap arah. Yang ditekankan dalam feng shui aliran kompas. Dalam tradisi  ini arah kompas disebut  lo-pan digunakan untuk banyak pemikiran dan keputusan. Master feng shui dipanggil untuk menentukan lokasi terbaik bangunan guna memastikan bahwa bangunan itu sesuai dengan kekuatan arah, seperti orang Indian. Master  feng shui memberikan hewan mitos untuk setiap arah sebagai penghubung dengan kekuatan arah itu yaitu: 
    a. Naga, melambangkan kekuatan kreatif dan menguntungkan dari timur.  
    b. Burung Hong atau Phoniks, melambangkan energi gembira dan meluas 
    dari selatan. 
    c. Macan, melambangkan energi barat yang berubah dan tak dapat 
    diramalkan. 
    d. Kura-kura, memberikan kekuatan utara yang bijaksana dan bertahan.

    11. Prinsip Dasar Feng Shui
    Prinsip dasar dari  feng shui ini sebenarnya adalah upaya untuk menyatukan antara seseorang dan aktifitasnya sebagai isi (content), bangunan sebagai tempat orang itu berada (place), dan lingkungan disekitar bangunan tersebut. Hal ini berarti, sebenarnya terdapat kearifan didalamnya, untuk 
    mengingatkan kepada manusia agar mengelola alam dan lingkungan dengan baik tanpa mengeksploitasiya.

    a. Penataan Denah Feng Shui. 
    Ilmu feng shui, sebagaimana ilmu pengetahuan lain khususnya dalam bidang perancangan bangunan arsitektur, mempunyai beberapa prinsip yang dapat dijabarkan menjadi beberapa bagian yang lebih terinci. Feng shui mengutamakan harmonisasi antara unsur alam pada sebuah bangunan dengan manusia sebagai penghuni.

    Feng shui mengajarkan kepada manusia untuk menghormati (respek) alam dan lingkungan. Sebagaimana dalam kehidupan rumah tangga, manusia harus mendapatkan respek terhadap masing-masing pasangan agar tercipta keselarasan dan harmonisasi dalam hidup. Bahwa dalam feng shui dikenal istilah  “Yin-Yang” yang artinya pria-wanita, keras-lembut, panas-dingin, dan lain-lain. Kedua  unsur ini saling melengkapi satu dengan lainnya, sebagai sebuah simbul penyatuan dua sifat dasar yang berlawanan menjadi suatu  harmonisasi. Di dalam arsitektur juga dikenal istilah  balance (keseimbangan) yang diperoleh dengan menyatukan dua aspek yang berlawanan menjadi suatu harmonisasi yang apik dan saling mendukung satu dengan yang lainnya.

    Penyelerasan energi dalam interior rumah pada prinsipnya dilakukan dengan cara menangkap  chi positif masuk ke dalam rumah, mengalirkannya dengan baik ke dalam setiap ruangan dan juga menangkal chi  negatif yang datang dari luar, menetralisir yang masuk ke dalam ataupun juga membuangnya. Ruang-ruang penting yang perlu mendapatkan perhatian pada aliran chi ini, yaitu pintu utama "main gate", ruang tamu, ruang bersama atau ruang keluarga, ruang berdoa, ruang kerja, kamar tidur, dapur dan kamar mandi (WC). Hal tersebut dilakukan karena ruang-ruang inilah yang sering digunakan sebagai wadah aktifitas seluruh anggota keluarga.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo