• Breaking News

    Cara Agar Hutang Cepat Lunas

    Galih Gumelar - Bagi banyak orang, punya beban utang itu pasti tidak enak. Tapi jika Anda terpaksa harus mengambil utang untuk memenuhi kebutuhan, maka penggunaan utang secara bijak sangat penting dilakukan.

    Bagaimana cara agar cepat terbebas dari utang? Mudah saja sebenarnya, kalau Anda mau. Berikut beberapa tips agar utang cepat lunas :

    1. Buat Rencana Keuangan untuk Mulai Melunasi Utang

    Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi tagihan utang menumpuk adalah dengan cara membuat rencana keuangan pelunasan utang. Anda bisa memulainya dengan menulis daftar utang, kemudian mengurutkannya dari pinjaman yang bunganya tertinggi, hingga yang bunganya terendah.

    Dengan mengurutkan besaran bunga utang, setidaknya dapat menjadi panduan untuk menentukan skala prioritas, mana utang yang harus dilunasi terlebih dahulu. Utamakan utang dengan bunga terbesar, sehingga bunga yang berjalan tidak akan membengkak.

    2. Menghemat Biaya Makan

    Tentu saja, langkah yang bisa Anda lakukan agar cepat melunasi utang adalah dengan hidup hemat. Untuk berhemat, Anda bisa memulainya dengan beberapa langkah sederhana.

    Sebagai contoh, jika Anda terbiasa makan siang di luar saat di kantor, cobalah untuk membiasakan diri membawa bekal makan siang dari rumah. Selain lebih sehat, sudah tentu ini akan menghemat pengeluaran untuk makan, bukan?

    Guna meminimalisir pengeluaran lagi, cobalah masak makanan yang sederhana namun tetap menggugah selera. Belilah bahan-bahan makanan segar di pasar tradisional, atau beli di supermarket ketika ada diskon.

    3. Menghemat Biaya Transportasi

    Selanjutnya, jika Anda terbiasa menggunakan transportasi, cobalah hitung seberapa banyak Anda mengeluarkan uang. Jika Anda rasa membawa mobil lebih boros, cobalah untuk mulai membiasakan diri menggunakan transportasi umum, apakah itu transportasi offline maupun transportasi online.

    Apalagi, kedua jenis kendaraan massal itu pun sekarang ini sudah cukup banyak dan mudah ditemukan untuk berbagai macam jurusan. Selain mempercepat mobilitas, Anda pun bisa mengurangi kemacetan, dan keuangan jadi lebih mudah dikontrol karenanya.

    4. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit


    Tak diragukan lagi, bunga yang dimiliki oleh kartu kredit terbilang sangat besar, terutama jika Anda tidak segera melunasi tagihan. Kalau sudah demikian, yang terjadi justru tagihan akan semakin membengkak.

    Pastikan Anda telah membayar utang kartu kredit secara full payment, sehingga tidak ada tunggakan tagihan yang harus Anda bayar. Pastikan pula Anda tidak menggunakan kartu kredit lagi, sehingga Anda terhindar dari tagihan yang selalu muncul setiap akhir bulan.

    5. Kerja Freelance untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

    Mengandalkan gaji setiap bulan yang pas-pasan memang tidak bisa membuat kita mampu melakukan banyak hal. Termasuk dalam urusan untuk bisa melunasi utang dengan segera.

    Namun, seperti pepatah bilang "selalu ada jalan menuju Roma', maka hal yang sama juga bisa diterapkan untuk dapat melunasi utang dengan cepat. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan pekerjaan sampingan (freelance).

    Sekarang ini, ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan, mulai dari menjual pulsa, jasa copywriter, membuka online shop, hingga menjadi pelayan restoran paruh waktu, dan masih banyak lagi.

    6. Relakan Tabungan dan Aset yang Dimiliki untuk Membayar Utang

    Anda bisa menggunakan sebagian tabungan atau aset untuk membayarnya. Aset yang dimaksud dapat berupa perhiasan, jam berharga mahal, atau dokumen-dokumen berharga yang juga dapat digunakan.

    Aset sendiri biasanya berupa barang tersier yang sifatnya bukan kebutuhan sehari-hari, sehingga dapat Anda jual dan dapat dibeli lagi suatu saat nanti ketika keuangan membaik.

    Konsisten dan Kemauan adalah Kunci Utama Melunasi Utang

    Kunci dari keberhasilan pemasukan tambahan adalah kemauan yang keras untuk dapat segera melunasi utang. Jangan jadikan rasa frustrasi sebagai penghalang bagi Anda untuk mencari jalan keluar dari permasalahan keuangan. Lebih baik atur rencana keuangan Anda ke depan dan menggunakannya lebih bijak agar kebutuhan bisa terpenuhi.


    Sumber : berbagai Sumber

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo