• Breaking News

    Ingin Lunas Utang Inilah Caranya

    Galih Gumelar - Bagaimana cara melunasi utang dengan cepat? Di sini kita akan mebahas sejumlah tips kreatif dan mudah dilakukan untuk melunasi utang dengan cepat.

    Tips dan trik ini memang tidak 100% cocok diaplikasikan dengan kondisimu. Namun, ada lho orang yang berhasil membayar utangnya lebih cepat dengan tips yang ada di sini.

    Kurangi Pengeluaran
    kurangi pengeluaran untuk bayar hutang dengan cepat. Jika dalam waktu dekat tidak akan ada tambahan penghasilan (naik gaji, bonus, THR dll), cara satu-satunya agar ada dana ekstra untuk membayar utang adalah menghemat belanja.

    Jika kemarin kamu menghabiskan 50%, 60% atau 70% penghasilan untuk konsumsi dan sisanya untuk bayar utang, sekarang balik proporsinya.

    Pindah tempat tinggal
    Contoh: Dari apartemen ke apartemen tipe studio atau sewa kamar kost atau pindah sementara ke rumah orangtua, Stop belanja kertas tisue dan beralih ke handuk/sapu tangan, 
    Kurangi makan di luar dan mulai masak makananmu sendiri, Perbanyak jalan kaki dan gunakan transportasi umum, Hemat bensin, Ganti motor dengan sepeda, Ajukan cuti premi asuransi, Hemat listrik.

    Cash Out
    jual barang tidak terpakai untuk melunasi hutang
    Coba ingat-ingat lagi, mungkin kamu masih punya sisa uang yang tersembunyi. Melainkan barang di sekitar kamu yang bisa diubah jadi uang tunai. Misalnya, kamu sudah beli tiket pesawat atau tiket kereta api untuk rencana liburan 3 bulan ke depan. Kamu bisa kok membatalkan tiket tersebut dan menguangkannya. Kamu bisa menyewakan kamar yang tidak terpakai. Uangnya bisa kamu manfaatkan untuk melunasi utang dengan cepat.

    Berikut ini daftar lengkap ide yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang tunai:

    • Cancel tiket pesawat, kereta api, bus dan dapatkan uang pengembalian
    • Punya ruang/kamar tidak terpakai? Sewakan
    • Jual barang bekas tidak terpakai (buku bekas, elektronik, furnitur, sepatu dll)
    • Sewakan motor/mobil kamu.
    • Cari Kerja Sampingan
    • buka kursus musik untuk uang tambahan melunasi hutang


    Jika memang tidak akan ada kenaikan gaji dalam waktu dekat, lebih baik bila kamu mulai mencari kerja sampingan.

    Semakin besar gaji yang kamu dapatkan dalam satu bulan, semakin besar uang yang bisa kamu alokasikan untuk melunasi utangmu. Contohnya, kamu bisa memanfaatkan e-commerce seperti untuk memulai bisnis online-mu.

    Tidak usah mulai dengan usaha yang membutuhkan modal, kita bisa berjualan dengan menjadi reseller.

    Jika rumah kamu dekat dengan sentra kerajinan, misalnya, kamu bisa jual barang-barang tersebut cukup dengan bermodalkan foto dan deskripsi barang. Jika ada pembeli, barulah kamu beli barang tersebut dan kirim kepada buyer.

    Selain itu, kamu juga bisa mencari uang tambahan untuk melunasi utang dengan menjual keahlian atau berbagai pekerjaan paruh waktu lain yang bisa menjadi alternatif tambahan penghasilan.

    Berikut ini berbagai ide yang bisa menginsprirasi kamu:

    • Jadi guru les (musik, renang, matematika, bahasa Inggris, melukis)
    • Ojek online/taksi online
    • Reseller/dropshipper online
    • Hobi fotografi? Jual karya kamu ke situs micropayment photography
    • Translator.

    Manajemen Utang
    Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan namun tidak juga bisa melunasi utang dengan cepat, mungkin kamu harus mencoba melakukan manajemen utang.

    Meski kedengarannya sulit dan rumit, manajemen utang bisa membuat kamu melunasi utang tanpa harus punya uang.

    Caranya tidak sulit. Yang harus kamu lakukan adalah dengan mendatangi bank tempat kamu memiliki utang dan berkonsultasi dengan mereka.

    Berikut ini adalah alternatif cara manajemen utang yang bisa kamu lakukan:

    1. Transfer balance kartu kredit (pemindahan tagihan dari bank A ke bank B yang bunganya lebih rendah)
    2. KPR Take Over (pemindahan KPR dari bank A ke bank B yang berikan bunga flat)
    3. Memperpanjang tenor dan mengecilkan cicilan
    4. Konsultasi dengan Profesional
    5. jasa perencana keuangan profesional untuk melunasi hutang


    Selain melakukan tips di atas, tidak ada salahnya jika kamu mencari orang yang mengerti dan berpengalaman dalam soal keuangan.

    Orang-orang profesional di bidang ini biasanya memahami strategi dalam melunasi utang lebih cepat. Cobalah minta saran apa yang sebaiknya dilakukan, dan langkah-langkah apa yang harus diambil berdasarkan kondisi kamu saat ini.

    Konsultan keuangan yang bekerja di bawah perusahaan manajemen keuangan biasanya juga bisa bernegosiasi dengan bank untuk membantu kamu.

    Aternatif lainnya, kamu juga bisa berkonsultasi lebih dahulu dengan orang tua, saudara, teman atau orang yang kamu percaya.

    Meski mereka bukan orang yang ahli di bidang keuangan, setidaknya kamu tidak menanggung sendiri beban pikiran tersebut.

    Semoga artikel ini membantu.

    1 komentar:

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo