• Breaking News

    Kenapa Kita bisa Punya Hutang ?

    Galih Gumelar - Ada beberapa alasan mengapa seseorang berhutang dan memiliki hutang yang cukup besar. Di antaranya adalah:

    #1 Tidak Memiliki Dana Cadangan
    Saat suatu hal yang tidak diduga terjadi, sebenarnya Anda bisa menggunakan dana darurat untuk mengantisipasi hal tersebut.

    Namun, jika Anda termasuk tipe yang tidak memiliki dana cadangan, mau tidak mau Anda harus mencari pinjaman untuk menghadapi hal tersebut.


    #2 Menyukai Pembayaran Kredit
    Banyak ibu rumah tangga yang menyukai pembayaran dengan cara kredit. Tapi saat ini, dengan adanya kartu kredit, siapa saja bisa melakukan pembayaran kredit.

    Padahal meskipun terlihat lebih murah karena bisa dicicil, pembayaran kredit bisa memberikan kerugian dalam jangka panjang.

    Misalnya kesulitan mengontrol jumlah transaksi, penumpukan hutang bila tagihan awal tidak segera dilunasi, dan juga bunga kredit yang terus berjalan bersama dengan dendanya.

    #3 Gaya Hidup Konsumtif
    Gaya hidup konsumtif bisa menjadi suatu hal yang menjebak Anda di kemudian hari. Jika suatu barang belum mampu Anda beli, sebaiknya Anda menunda pembelian sampai Anda mampu membelinya.

    Jangan membeli sesuatu, apalagi sampai berhutang hanya untuk mengejar gengsi dan gaya hidup saja.

    #4 Punya Sifat Tidak Enakan
    Kadang kala, rasa tidak enak untuk menolak ajakan teman juga bisa membuat Anda jadi memiliki banyak hutang.

    Padahal, meskipun Anda telah memaksakan diri untuk mengikuti ajakan teman, tetap saja Anda akan merasa tidak enak karena bingung dengan hutang yang harus Anda bayar nantinya.


    #5 Musibah Kepada Tulang Punggung Keluarga
    Di sebagian keluarga, sumber pemasukan hanya berasal dari satu orang.

    Jika suatu waktu orang tersebut terkena musibah, seperti PHK atau meninggal, tentu saja hal ini akan membuat finansial keluarga menjadi goyang dan mau tidak mau harus berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidup.


    #6 Tertimpa Musibah
    Adanya musibah seperti bencana alam atau kebakaran dapat memberikan banyak kerugian. Seperti kehilangan harta benda, anggota keluarga, nyawa, dan lain-lain.

    Tak jarang, penjarahan juga terjadi bersamaan dengan adanya musibah. Sehingga sebagian orang perlu kembali berjuang dari awal untuk bisa mengembalikan modal yang hilang.


    #7 Bisnis Jatuh
    Membangun bisnis tidak mungkin dilakukan dalam satu malam saja. Ada banyak usaha dan uang yang harus mereka keluarkan. Karena itu, tak heran jika seorang pengusaha pun juga memiliki hutang dalam jumlah yang tidak sedikit.


    Sumber : Berbagai Sumber

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo