• Breaking News

    Infrastruktur dan Sarana Pendukung Pendidikan Kabuptaen Tangerang


    A. Gambaran Umum
    Pembangunan sarana dan prasarana di Kabupaten Tangerang diarahkan pada upaya pembangunan Perguruan Tinggi atau Universitas. Sebab untuk sarana dan prasarana sektor Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Umum sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat pada data di bawah ini:

    Jumlah Sekolah
    NoSatuan PendidikanSatuan PendidikanSekolah Negeri
    1TK1587
    RA/BA-234
    2SD962185
    3MI9333
    4SMP63216
    5MTs6196
    6SMA3477
    7MA655
    8SMK564
    Total1.0861.947
    Sumber: Dinas Pendidkan Kab Tangerang

     
    Di Kabupaten Tangerang baru terdapat 4 Universitas yang berdiri, antara lain universitas Pelita Harapan, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Pamulang, dan UIN Syarif Hidayatullah. Tentunya 4 Universitas itu tidak bisa menampung seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang di tingkat Perguruan Tinggi.
    Untuk itu peluang membuka universitas atau perguruan tinggi merupakan investasi yang menjanjikan di Kabupaten Tangerang, sebab selama ini masyarakat kabupaten Tangerang lebih banyak melanjutkan kuliahnya di Universitas yang ada di luar Kabupaten Tangerang, karena persoalan pilihan Universitas yang terbatas.
    B. Lokasi
    Pembangunan sarana dan prasarana pendidikan pada tingkatan Universitas diarahkan pada wilayah kabupaten Tangerang barat, yakni Balaraja, Cikupa dan Tigaraksa. Wilayah ini menurut hasil kajian dari Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Tangerang adalah wilayah yang layak memiliki sebuah universitas.
    C. Fasilitas Pendukung
    Fasilitas yang ditawarkan pada daerah perencanaan pendidikan (Balaraja, Cikupa, dan Tigaraksa) adalah selain akseptibilitas yang baik, juga karena berada di wilayah Ibukota Tangerang dan dekat dengan jalan tol. Daerah tersebut juga mempunyai kesadaran akan pentingnya pendidikan di perguruan tinggi atau universitas sangat tinggi. Terbukti dari data yang ada di daerah tersebut rata-rata masyarakatnya mengenyam pendidikan sampai universitas.
    Di wilayah Balaraja, Cikupa dan Tigaraksa juga masih banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan dan dipilih untuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. Wilayah ini memiliki akses transportasi yang mudah, hanya 500 meter dari jalan tol Jakarta-Merak, dilewati jalan kolektor Primer dan sekitar 35 Km dari Bandara Soekarno-Hatta.
    D. Nilai dan Peluang Investasi
    Dengan analisis di atas dan berdasarkan hasil kajian pemerintah, perencanaan terhadap pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di sektor universitas memberikan peluang investasi yang cukup yang sangat tinggi. Dalam hal ini pemerintah Kabupaten Tangerang sangat mengharapkan para investor untuk menginvestasikan usahanya di dunia pendidikan.
    Harga tanah yang ditawarkan di daerah Balaraja, Cikupa, dan Tigaraksa cukup bervariasi, antar Rp 200.000 sampai dengan Rp 500.000 tergantung letak dan kemudahan akseptibilitas lahannya. Selain itu lahan yang kosong dan bisa dimanfaatkan masih cukup banyak, di Balaraja sekitar 1.500 Ha, di Cikupa 1.332 Ha, dan di Tigaraksa 1.074 Ha.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo