• Breaking News

    Infrastruktur dan Sarana Pendukung Kesehatan Kabupaten Tangerang


    A. Gambaran Umum
    Perkembangan Rumah Sakit, khususnya rumah sakit swasta berkembang cukup baik. Hal ini disebabkan sumber daya kesehatan merupakan unsur terpenting dalam meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakat.

    Dengan memperhatikan jumlah dan pertumbuhan penduduk Kabupaten Tangerang yang saat ini sebesar 3,5 juta jiwa, sedangkan sarana kesehatan yang ada sekitar 15 rumah sakit, maka tingkat kebutuhan terhadap fasilitas kesehatan cukup tinggi. Sebab berdasarkan standar yang ditentukan, dengan demikian peluang investasi dibidang sarana dan prasarana rumah sakit masih cukup besar.
    B. Lokasi
    Berdasarkan perencanaan pembangunan daerah kabupaten Tangerang, wilayah yang mendesak dan perlu untuk dibangun sarana dan prasarana rumah sakit adalah wilayah Tangerang barat dan utara, yakni aerah Balaraja, Tigaraksa, Pasar Kemis, Mauk dan Kronjo.
    Sebab di wilayah tersebut belum ada satupun rumah sakit yang berskala nasional apalagi internasional. Hal ini berbeda dengan kabupaten Tangerang wilayah selatan, hampir di tiap kecamatan terdapat rumah sakit yang berskala nasional dan internasional, seperti di kecamatan serpong utara terdapat rumah sakit Omni International Hospital, di Kecamatan Kelapa Dua terdapat Siloam Hospital yang berstandar internasional, begitu pula di Kecamatan Pondok Aren terdapat rumah sakit Bintaro Hospital.
    C. Fasilitas Pendukung
    Akses Transportasi untuk menuju kabupaten Tangerang Barat dan utara sangatlah mudah, selain didukung oleh jalan tol yang dekatnya hanya 500 meter, juga sudah dibangun jalan lintas utara. Selain fasilitas yang disebutkan juga diwilayah tersebut masih banyak terdapat lahan kosong yang bisa digunakan untuk membangun rumah sakit.
    Di wilayah Balaraja, Cikupa dan Tigaraksa juga masih banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan dan pilih untuk pembangunan sarana dan sarana pendidikan. Wilayah ini memiliki akses transportasi yang mudah, hanya 500 meter dari jalan tol Jakarata-Merak, dilewati jalan kolektor primer dan sekitar 35 km dari Bandara Soekarno Hatta.
    D. Nilai dan Peluang Investasi
    Dari perbandingan jumlah penduduk dan sarana rumah sakit yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa peluang investasi sarana dan prasarana rumah sakit di Kabupaten Tangerang cukup besar dan marketable dari perspektif ekonomi.
    Lahan kosong dan bisa dimanfaatkan masih cukup banyak di daerah tersebut relatif masih cukup banyak, di Balaraja sekitar 1500 Ha, di Cikupa 1332 Ha. Rata-rata harga tanah di daerah ini mulai dari Rp 200.000 - Rp 500.000 permeternya.

    1 komentar:

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo