• Breaking News

    Visi Misi Kota Bekasi


    www.galihgumelar.org - Kota Bekasi memiliki visi Bekasi Cerdas, Sehat, dan Ihsan. Visi tersebut dicanangkan sejak bergantinya elit pemerintahan daerah yang baru tahun 2008 untuk mengimbangi pertumbuhan dan perkembangan Kota Bekasi dalam 5 (lima) tahun ke depan.
    -         Makna dari Bekasi Cerdas adalah: mewujudkan karakter masyarakat yang cerdas melalui penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun dan merintis wajib belajar pendidikan 12 tahun.

    -         Kebijakan untuk mencapai visi tersebut:
    1. Membebaskan iuran dan pungutan bagi siswa yang bersekolah di SD/MI Negeri
    2. Pemberian Subsisdi bagi siswa yang bersekolah di SD/MI Swasta di Kota Bekasi.
    3. Subsidi secara bertahap untuk membebaskan iuran dan pungutan bagi siswa untuk bersekolah di SMP/MTs Negeri
    4. Pemberian subsidi bagi siswa yang bersekolah di SMP/MTS Swasta di Kota Bekasi.
    5. Peningkatan kesejahteraan guru dan percepatan sertifikasi guru, demikian pula ditempuh upaya meningkatkan kualitas pendidikan 12 tahun secara berkelanjutan.
    Kebijakan Pemerintah agar Bekasi cerdas:
    1. Mendukung peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendaliaan pembangunan.
    2. Pengembangan kapasitas diri untuk kecerdasan dalam bekerja dan berwirausaha di lingkungan pertumbuhan kota yang dinamis.
    Kebijakan Pemerintah agar Bekasi sehat:
    1. Mewujudkan pemerataan dan perluasan akses memperoleh layanan kesehatan bagi masyarakat miskin, korban wabah, dan korban bencana.
    2. Meningkatkan kapasitas dan mutu layanan Puskesmas Kelurahan, Kecamatan, RSUD, Perluasan Layanan Kesehatan Ibu dan Anak, serta Lansia, demikian pula upaya penanggulangan gizi buruk dan promosi hidup sehat.
    3. Sosialisasi hidup sehat, memelihara sanitasi lingkungan, kewaspadaan atas potensi wabah, penanggulangan narkoba, dan penyakit menular.
    4. Mengembangkan derajat kesehatan masyarakat melalui kegiatan olahraga, kecukupan gizi, dan berperan dalam memelihara lingkungan yang sehat.
    Kebijakan Pemerintah agar Bekasi Ihsan:
    1. 1. Mewujudkan karakter masyarakat yang ihsan. Ihsan berati nilai, sikap, dan masyarakat. Ihsan berlaku bagi apartur dalam menjalankan pemerintahan yang baik (good governance) dan berlaku bagi warga masyarakat dalam mentaati perturan/perundangan yang berlaku.
    2. 2. Peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat untuk berpartisipasi dalammeningkatkan kualitas kehidupan beragama dan kerukunan hidup beragama. Demikan pula warga Kota Bekasi senantiasa mengembangkan derajat keihsanannya melalui kedisiplinan dan ketertiban sosial, dalam membangun ketahanan sosial masyarakat perkotaan.
    MISI
    1. Mengembangkan kehidupan sosial warga melalui penataan sistem layanan pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial lainnya
    2. Mengembangkan kehidupan ekonomi warga melalui pengembangan wirausaha yang produktif dan komoditi unggulan daerah
    3. Membangun sarana dan prasarana kota yang serasi bagi perikehidupan warga dan pertumbuhan usaha.
    4. Menyelenggarakan tata pemerintahan yang baik yang dilandasi prinsip good governance.
    5. Mengembangkan dan mengelola implementasi sistem perencanaan tata kota dan sistem perencanaan pembangunan Kota Bekasi secara optimal untuk menjamin keserasian pengembangan wilayah, daya dukung lingkungan dan antisipasi efek perubahan iklim global.
    6. Mengembangkan kualitas kehidupan beragama dan kerukunan hidup beragama
    7. Mengelola dinamika kehidupan perkotaan melalui penguatan ketahanan sosial, budaya, dan keamanan, daya tarik investasi, dan kerjasama antar daerah/wilayah.
    Berdasarkan visi dan misi tersebut, terlihat jelas bahwa Kota Bekasi aktifitas peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana mendominasi sektor Pendidikan, Kesehatan dan Moral untuk menumbuhkembangkan good governance dan masyarakat yang bertakwa.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo