• Breaking News

    Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang

    www.galihgumelar.org - Pembangunan kesehatan tahun 2009 di Kabupaten Tangerang menunjukkan peningkatan yang lebih baik dari tahun 2007 dan 2008, peningkatan anggaran pembangunan kesehatan memberi arah yang lebih menunjang, usaha-usaha didalam peningkatan pelayanan publik disektor kesehatan mulai dari pelayanan dasar sampai dengan pelayanan rujukan terus mendapat pembenahan.

    Konstribusi petugas kesehatan di seluruh kabupaten menunjukkan komitmen yang semakin baik dan bergairah didalam melaksanakan pelayanan kesehatan baik pada tingkat administrasi maupun tehnis. Kesadaran masyarakat terhadap perilaku hidup bersih dan sehat menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu hal ini harus terus kita jaga, mengingat penyebab penyakit yang disebabkan lingkungan dan pola hidup yang tidak sehat masih sangat dominan, keluhan masyarakat terhadap pelayanan rujukan masih terasa namun secara bertahap permasalahan ini dapat diatasi dengan peningkatan kemampuan tenaga medis maupun non medis baik secara tehnis maupun manajemen.

    Hal lain yang perlu disadari bahwa keberhasilan peningkatan kesehatan masyarakat juga dipengaruhi dari dukungan instansi – instansi pemerintah lainnya seperti Dinas Pendidikan, BKBPP, Dinas Pekerjaan Umum, Bappeda,BLDH dan lain-lain, dengan adanya kerjasama semua instansi yang terkait, maka semakin mempercepat pencapaian Visi Pembangunan Kesehatan Kabupaten Tangerang , yaitu “Kemandirian Masyarakat Untuk Hidup Sehat ”. Kondisi pembangunan kesehatan tahun 2009 secara lintas program dijalankan dengan strategi dan perencanaan yang berpihak kepada masyarakat.

    Untuk memberi gambaran terhadap peningkatan pelayanan kesehatan maka profil kesehatan yang dikeluarkan setiap tahun merupakan media untuk memberi gambaran terhadap langkah-langkah yang telah ditempuh oleh Dinas Kesehatan Kab Tangerang, RSU dan Puskesmas beserta seluruh jajaran kesehatan yang ada.
    Sebagai salah satu pedoman didalam pencapai visi yang telah ditetapkan dan penyelesaian tantangan yang ada, Renstra Pembangunan Kesehatan Kabupaten Tangerang 2008-2013 harus menjadi pedoman didalam perencanaan pembangunan kesehatan. Hal lain yang cukup signifikan adalah peningkatan jumlah anggaran untuk sektor kesehatan melalui anggaran APBD yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang yang secara langsung melakukan perbaikan terhadap seluruh fasilitas kesehatan, baik fisik maupun non fisik yang mengalami kerusakan. Dukungan ini merupakan hal yang positif untuk peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Tangerang.

    Sejalan hal tersebut di atas, didalam usaha pemantauan peningkatan pelayanan kesehatan, profil kesehatan Kabupaten Tangerang Tahun 2009 telah dapat terbit. Pada tahun-tahun mendatang profil kesehatan diupayakan dapat terbit lebih awal dengan kualitas dan sajian data yang lebih baik.

    Sehubungan dengan berdirinya Kota Tangerang Selatan yang merupakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Tangerang, untuk tahun ini Profil Kesehatan masih menampilkan data dan cakupan Puskesmas wilayah Tangerang Selatan. Strategi didalam penyusunan data profil dilakukan dengan metode cek silang data, analisa, korelasi antar tabel dan program, serta check and balance dari seluruh Puskesmas dan seluruh program, sehingga keakuratan dan informasi yang disajikan dapat memberi gambaran yang benar dari kondisi yang ada, kemudian dilakukan Pemutakhiran data di tingkat Kabupaten. Penyajian data dilakukan dalam bentuk peta, grafik kependudukan dan pencapaian indikator SPM per Kabupaten, sedangkan didalam pembahasan menyajikan perbandingan pencapaian indikator dari tahun sebelumnya dan target yang akan dicapai.

    Sampai saat ini Profil Kesehatan Kabupaten Tangerang masih mengacu kepada tabel Indikator Indonesia Sehat 2010 dan Tabel Standar Pelayanan Minimal, dengan sumber data diperoleh dari Dinas Kesehatan, Badan Pusat Statistik, PMI, ASKES, BKKBPP, Bappeda, RSUD dan RS Swasta di seluruh Kabupaten Tangerang.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo