• Breaking News

    Profil Daerah Kabupaten Tangerang


    www.galihgumelar.org - Kabupaten Tangerang saat ini mengalami perkembangan pembangunan yang cepat dengan adanya penyediaan infrastruktur, pusat perbelanjaan, pertokoan, pasar, serta pembangunan perumahan dikawasan baru dan prasarana lainya. Dalam era otonomi daerah, pembangunan diarahkan kepada tercapainya tatanan kehidupan masyarakat yang sejahtera, sebagaimana visi Kabupaten Tangerang ”Menuju masyarakat Kabupaten Tangerang yang beriman, sejahtera, berorientasi industri dan berwawasan lingkungan”. Untuk itu partisipasi masyarakat, perangkat daerah dan pihak-pihak tertentu (stakeholder) mempunyai peranan yang sangat berarti dalam rangka pelaksanaan pembangunan.



    Tujuan pembangunan daerah secara umum adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat, keadilan atau pemerataan kesempatan (intra dan antar wilayah) serta berkelanjutan (sustainability). Pada posisi lain dengan diberlakukannya Undang-undang No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, telah memberikan legitimasi bagi Pemerintah Pusat untuk menyerahkan sebagian kewenangan dalam proses penyelenggaraan pembangunan kepada daerah dalam rangka pelayanan yang lebih baik.


    Dalam rangka memantapkan serta menjaga stabilitas penyelenggaraan otonomi daerah, pemerintah daerah diharapkan mampu dan bertanggung jawab demi terciptanya efektivitas pemenuhan aspirasi dan kebutuhan masyarakat lokal daripada program pembangunan yang sentralistik, upaya-upaya pengentasan kemiskinan melalui peran serta aktif kelompok masyarakat miskin yang terlaksana secara efektif, memungkinkan partisipasi masyarakat yang terbuka secara luas serta memacu dukungan masyarakat melalui keterlibatan mereka dalam proses pencarian fakta dan data lapangan yang bermanfaat bagi perencanaan pembangunan yang efektif dan sesuai dengan aspirasi dan tuntutan partisipasi masyarakat lokal. Akhirnya Kebijakan otonomi daerah ini diharapkan dapat meningkatkan harkat dan martabat masyarakat di daerah, karena mereka sendirilah yang merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan pembangunan dengan fasilitas dari pemerintah daerah.


    Salah satu upaya yang mendukung serta membantu memantapkan peran tersebut diatas adalah dengan menyiapkan dukungan data/informasi yang dapat digunakan sebagai dasar bagi pengambilan kebijakan di pusat maupun di daerah serta acuan dasar perencanaan pembangunan di masing-masing daerah melalui Sistem Informasi Profil Daerah (SIPD-ONLINE) dan penyusunan Buku Profil Daerah. Profil Daerah ini secara umum merupakan gambaran daerah yang berkaitan dengan kondisi dan potensi daerah dilihat dari aspek fisik, sumber daya alam, sumber daya manusia, sosial budaya, ekonomi, pemerintahan, dan infrastruktur.
     

    Unduh Dokumen Lampiran :
    Sumber : Bappeda Kabupaten Tangerang

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Feng Shui

    Otomotif

    Promo